Studi Perencanaan dan Pengendalian Waktu dan Biaya Proyek Penyediaan dan Pengembangan Layanan Telekomunikasi Berbasis Fixed Wireless Access Code Division Multiple Access (Studi Kasus pada Proyek Bengkulu dan Curup Antara INTI dan TELKOM)

Widyatama Repository

Studi Perencanaan dan Pengendalian Waktu dan Biaya Proyek Penyediaan dan Pengembangan Layanan Telekomunikasi Berbasis Fixed Wireless Access Code Division Multiple Access (Studi Kasus pada Proyek Bengkulu dan Curup Antara INTI dan TELKOM)

Show full item record

Title: Studi Perencanaan dan Pengendalian Waktu dan Biaya Proyek Penyediaan dan Pengembangan Layanan Telekomunikasi Berbasis Fixed Wireless Access Code Division Multiple Access (Studi Kasus pada Proyek Bengkulu dan Curup Antara INTI dan TELKOM)
Author: Prihardianti, Andini
Abstract: PT. Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero), selanjutnya dalam tulisan ini disebut INTI, sebagai salah satu perusahaan railik negara atau BUMN yang bergerak dalam industri telekomunikasi dan telah menjadi mitra TELKOM sejak tahun 1974 sebagai penyedia perangkat telekomunikasi, melihat bahwa percepatan pembangunan yang dilakukan TELKOM merupakan peluang pengembangan bisnis yang sangat potensial. Salah satu proyek PPLT yang dikerjasamakan oleh INTI dan TELKOM saat ini adalah PPLT berbasis teknologi Fixed Wireless Access (FWA) Code Division Multiple Access (CDMA) di lokasi Bengkulu dan Curup, dimana INTI berperan sebagai investor maupun kontraktor. Dalam hal ini perusahaan harus dapat mengelola seoptimal mungkin segala sumber daya yang dimiliki perusahaan, baik sumber daya manusia, waktu, maupun dana. Di samping itu, persaingan usaha dalam industri telekomunikasi di Indonesia sekarang menjadi semakin kompetitif. Perencanaan dan pengendalian waktu dan biaya dalam manajemen proyek harus dilakukan sebagai usaha yang sistematis dalam pemanfaatan waktu dan pengeluaran biaya secara efektif dan efisien melalui serangkaian tujuan, kebijaksanaan, prosedur dan program dalam rangka mencapai sasaran proyek, termasuk di dalamnya adalah pengambilan tindakan pembetulan apabila tcrjadi pcnyimpangan antara standar dan pelaksanaan. Pendekatan yang digunakan penulis pada studi perencanaan dan pengendalian proyek PPLT berbasis teknologi Fixed Wireless Access (FWA) Code Division Multiple Access (CDMA) di lokasi Bengkulu dan Curup, adalah Network Planning. Network planning menggambarkan rangkaian kegiatan pelaksanaan proyek dalam bentuk jaringan. Jaringan tersebut menunjukkan secara jelas hubungan antara setiap kegiatan dengan kegiatan yang mendahuluinya dalam penyelesaian proyek. Tujuan dari network planning adalah penyelesaian proyek melalui penyusunan rangkaian kegiatan yang efisien dengan rasio minimum antara waktu tunggu terhadap waktu kerja. Dalam network planning dapat ditemukan kegiatan-kegiatan kritis dalam proyek sehingga pengawasan proyek dapat difokuskan pada kegiatan-kegiatan tersebut untuk menghindari keterlambatan penyelesaian proyek secara keseluruhan. Dari penelitian yang dilakukan dapat ditunjukkan bahwa network planning dapat digunakan oleh INTI sebagai metode yang efektif dalam perencanaan dan pengendalian waktu dan biaya. Dengan network planning dapat ditemukenali kegiatan-kegiatan kritis proyek yang dapat dipercepat agar diperoleh penghematan waktu dan biaya proyek secara total. Dengan demikian network planning ini sangat bermanfaat sebagai sarana perencanaan dan pengendalian proyek, khususnya dalam hal perencanaan dan pengendalian waktu dan biaya proyek. Disarankan agar perencanaan dan pengendalian waktu dan biaya ini dilakukan secara periodik, sehingga dengan melakukan evaluasi realisasi proyek di setiap akhir kegiatan, dapat dilakukan revisi ulang apabila terjadi penyimpangan antara pelaksanaan dan perencanaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/643
Date: 2005-04


Files in this item

Files Size Format View Description
content.pdf 4.173Mb PDF View/Open content
cover.pdf 79.74Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record