Manfaat Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen Dalam Meningkatkan Kinerja Instalasi Rawat Inap (Studi Kasus Pada Rumah Sakit SantoYusup Bandung)

Widyatama Repository

Manfaat Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen Dalam Meningkatkan Kinerja Instalasi Rawat Inap (Studi Kasus Pada Rumah Sakit SantoYusup Bandung)

Show full item record

Title: Manfaat Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen Dalam Meningkatkan Kinerja Instalasi Rawat Inap (Studi Kasus Pada Rumah Sakit SantoYusup Bandung)
Author: Triyane, Maria Mirna
Abstract: Seiring dengan semakin meningkatnya permintaan layanan kesehatan dan semakin banyak munculnya Rumah Sakit, maka Rumah Sakit Santo Yusup harus dapat beroperasi secara efektif dan efisien agar dapat bersaing dengan Rumah Sakit lainnya. Sistem pengendalian manajemen sangat diperlukan bagi rumah sakit untuk menuntun dan memotivasi usaha guna mencapai tujuan organisasi maupun untuk mengoreksi unjuk kerja yang tidak efektif dan tidak efisien. Berdasarkan pemikiran di atas, penulis mencoba melakukan penelitian pada RS St Yusup yang hasilnya dituangkan dalam skripsi dengan judul: â MANFAAT PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN KINERJA INSTALASI RAWAT INAP.â Ruang lingkup penelitian dibatasi pada pembahasan masalah mengenai bagaimana efektivitas penerapan sistem pengendalian manajemen pelayanan pasien rawat inap serta bagaimana kinerja instalasi rawat inap telah meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan sistem pengendalian manajemen pelayanan pasien rawat inap di RS St Yusup dan mengetahui kinerja instalasi rawat inap telah meningkat. Penulis menggunakan metode deskriptif analitis yaitu suatu metode penelitian dengan pendekatan yang bertujuan memberikan gambaran keadaan objek penelitian yang sebenarnya. Dalam penelitian ini, terdapat 4 indikator yang menyangkut instalasi rawat inap. Indikator tersebut antara lain, BOR, LOS, BTO, dan TOI. Penerapan proses sistem pengendalian manajemen yang memadai, terdiri dari penyusunan program, penyusunan anggaran, pelaksanaan dan pengukuran, serta pelaporan dan analisis yang dimaksudkan agar pengendalian terhadap pelayanan pasien rawat inap dapat berjalan dengan efektif. Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis mengemukakan hipotesis, yaitu â SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP YANG EFEKTIF BERMANFAAT DALAM MENINGKATKAN KINERJA INSTALASI RAWAT INAP.â Secara umum, efektivitas penerapan sistem pengendalian manajemen pelayanan pasien rawat inap di RS St Yusup adalah baik dan efektif. Kinerja instalasi rawat inap diukur berdasarkan data non keuangan, meliputi BOR, BTO, TOI, dan LOS tercapai dengan sangat memuaskan. RS St Yusup disarankan untuk dapat mempertahankan penerapan sistem pengendalian manajemen pelayanan pasien rawat inap, diharapkan agar penerapan sistem pengendalian yang baik dapat mendukung peningkatan kinerja instalasi rawat inap.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/640
Date: 2005-10


Files in this item

Files Size Format View Description
content.pdf 758.6Kb PDF View/Open content

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record