Manfaat Penerapan Prinsip-prinsip Good Corporate Governance terhadap Going Concern Perusahaan (Studi Kasus pada PT Telkom)

Widyatama Repository

Manfaat Penerapan Prinsip-prinsip Good Corporate Governance terhadap Going Concern Perusahaan (Studi Kasus pada PT Telkom)

Show full item record

Title: Manfaat Penerapan Prinsip-prinsip Good Corporate Governance terhadap Going Concern Perusahaan (Studi Kasus pada PT Telkom)
Author: Ayota, Ilone
Abstract: Demi kepentingan perusahaan dalam melakukan investasi dan menciptakan pertumbuhan maka perusahaan perlu memastikan bahwa manajemen bertindak yang terbaik untuk kepentingan perusahaan. Kepastian seperti itu diberikan oleh sistem tata kelola perusahaan (corporate governance). Sedangkan going concern adalah suatu keadaan di mana perusahaan dapat tetap beroperasi dalam jangka waktu ke depan, dimana hal ini dipengaruhi oleh keadaan financial dan non financial. Kegagalan mempertahankan going concern dapat mengancam setiap perusahaan, terutama diakibatkan oleh manajemen yang buruk, kecurangan ekonomis dan perubahan kondisi ekonomi makro seperti merosotnya nilai tukar mata uang dan meningkatnya inflasi secara tajam akibat tingginya tingkat suku bunga. Oleh karena itu, betapa pentingnya penerapan prinsip-prinsip GCG secara efektif di berbagai perusahaan guna mempertahankan going concern. GCG dapat dijadikan alat ukur profesionalisme suatu entitas yang diyakini dapat menarik minat investor potensial sekaligus meningkatkan hubungan dagang. Apabila termasuk didalamnya pemilik perusahaan, maka saham perusahaan tersebut akan naik di pasar modal. Namun saham perusahaan tersebut menunjukkan eksistensi entitas dalam dunia usaha yang kompetitif cukup kuat dan menunjukkan bahwa perusahaan mampu untuk mempertahankan going concern perusahaan untuk masa yang akan datang. Oleh karena itu, penulis menetapkan hipotesis bahwa : â Terdapat manfaat dari Penerapan Prinsip-prinsip Good Corporate Governance terhadap Going Concern Perusahaan.â Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dalam penelitian ini terdapat 2 variabel penelitian yaitu variabel bebas (independent variable), yaitu Prinsip-prinsip GCG dan variabel tidak bebas (dependent variable), yaitu Going Concern Perusahaan. Untuk menguji variabel yang telah dikemukakan, penulis menggunakan instrumen untuk menghimpun dan mengukur data yang telah dikumpulkan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Guttman. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perusahaan telah menerapkan prinsip-prinsip GCG secara efektif dalam kegiatan perusahaan, going concern perusahaan tetap stabil karena going concern perusahaan cenderung tetap baik sebelum maupun setelah perusahaan menerapkan prinsip-prinsip GCG, hipotesis awal ditolak yang berarti terdapat hubungan yang kurang signifikan antara penerapan prinsip-prinsip GCG dengan going concern perusahaan sebab penulis hanya meneliti satu faktor saja yaitu dari sudut pandang manajemen sedangkan masih ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi going concern perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/638
Date: 2005-11


Files in this item

Files Size Format View Description
content.pdf 16.64Mb PDF View/Open content
cover.pdf 86.37Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record