Pengaruh Penerapan Aturan Etika Terhadap Peningkatan Profesionalisme Akuntan Publik (Studi Survei pada Kantor Akuntan Publik di Bandung)

Widyatama Repository

Pengaruh Penerapan Aturan Etika Terhadap Peningkatan Profesionalisme Akuntan Publik (Studi Survei pada Kantor Akuntan Publik di Bandung)

Show full item record

Title: Pengaruh Penerapan Aturan Etika Terhadap Peningkatan Profesionalisme Akuntan Publik (Studi Survei pada Kantor Akuntan Publik di Bandung)
Author: Yuliani, Ani
Abstract: Globalisasi yang membawa liberalisasi di segala bidang, termasuk liberalisasi ekonomi hendaknya semakin memacu kalangan bisnis dan pemerintah untuk responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Pada era global ini profesi akuntan akan menghadapi tantangan yang semakin berat, apalagi sejak krisis ekonomi yang melanda Indonesia profesionalisme akuntan publik banyak dipertanyakan oleh berbagai pihak. Oleh karena itu akuntan publik perlu menunjukkan dirinya sebagai akuntan publik yang profesional. Akuntan publik adalah profesi yang berdiri atas landasan kepercayaan masyarakat yang dalam pelaksanaan tugasnya harus bertindak profesional. Sedangkan etika profesional merupakan prinsip moral yang menunjukkan perilaku yang baik dan yang buruk yang bersangkutan dengan suatu profesi. Berdasarkan latar belakang di atas penulis tertarik untuk melakukan suatu survei di beberapa kantor akuntan publik yang ada di Bandung dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan aturan etika terhadap peningkatan profesionalisme akuntan publik. Hipotesis yang diajukan oleh penulis adalah penerapan aturan etika yang baik dan konsisten secara signifikan berpengaruh terhadap peningkatan profesionalisme akuntan publik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi penyebaran kuesioner dan studi kepustakaan. Data diambil dari hasil kuesioner yang disebarkan kepada 12 orang responden di kantor akuntan publik. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis dengan mengadakan pengujian dengan menggunakan uji t untuk mengetahui signifikansi pengaruh penerapan aturan etika terhadap peningkatan profesionalisme akuntan publik menunjukkan bahwa penerapan aturan etika sudah berjalan dengan baik dan profesionalisme akuntan publik sudah berjalan dengan profesional yang didukung dengan pendidikan profesional oleh Ikatan Akuntan Publik. Berdasarkan hasil pengujian dari sampel yang dipilih dapat diketahui bahwa kelima indikator aturan etika yang diterapkan secara signifikan terhadap peningkatan profesionalisme akuntan publik, berarti hipotesis diterima. Dalam hal ini penulis dapat menyimpulkan bahwa penerapan aturan etika pada beberapa kantor akuntan publik yang ada di Bandung telah dilaksanakan dengan baik sehingga akuntan publik menjalankan pekerjaannya secara profesional.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/635
Date: 2005-11


Files in this item

Files Size Format View Description
content.pdf 3.611Mb PDF View/Open content
cover.pdf 95.35Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record