Tinjauan Atas Perhitungan Dan Analisis Rasio Likuiditas, Solvabilitas, Aktivitas, dan Rentabilitas Laporan Keuangan pada PT LEN Industri (Persero)

Widyatama Repository

Tinjauan Atas Perhitungan Dan Analisis Rasio Likuiditas, Solvabilitas, Aktivitas, dan Rentabilitas Laporan Keuangan pada PT LEN Industri (Persero)

Show full item record

Title: Tinjauan Atas Perhitungan Dan Analisis Rasio Likuiditas, Solvabilitas, Aktivitas, dan Rentabilitas Laporan Keuangan pada PT LEN Industri (Persero)
Author: Wulan, Sri
Abstract: Dengan adanya perdagangan bebas pada saat ini, semakin ketat pula persaingan didalam dunia usaha. Begitu juga kondisi perekonomian di Indonesia yang semakin tidak stabil hingga saat ini, mengakibatkan banyak perusahaan yang gulung tikar. Laporan keuangan disusun oleh suatu perusahaan dapat berfungsi sebagai alat ukur untuk menentukan atau menilai posisi keuangan suatu perusahaan yang dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam pengambilan keputusan ekonomi posisi keuangan perusahaan dapat dipengaruhi oleh sumber daya yang dikendalikan, struktur keuangan, serta kemampuan suatu perusahaan untuk diadaptasi dengan perubahan lingkungan. Salah satu langkah yang diambil perusahaan untuk mengetahui kondisi keuangannya, maka itu dilakukan perhitungan dan analisis terhadap laporan keuangan. Untuk mengetahui posisi keuangan perusahaan tersebut dapat dilihat dalam neraca atau laporan laba (rugi) secara individu atau kombinasi digunakan alat untuk menghitung dan menganalisisnya yaitu diantaranya rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio aktivitas dan rasio rentabilitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan dengan mengumpulkan data primer dan data sekunder melalui observasi ke perusahaan. Penulis mengadakan wawancara dengan Bagian Keuangan dan Akuntansi untuk memperoleh informasi serta data-data yang diperlukan. Adapun metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode deskriptif, yaitu metode yang dilakukan dengan cara mengumpulkan dan menganalisa data penelitian, kemudian membandingkan dengan teori. Hasil penelitian analisis rasio-rasio pada PT. LEN INDUSTRI (PERSERO) untuk tahun 2004-2005 menunjukan bahwa perusahaan menggunakan bentuk vertikal (Report Form) pada neraca dan bentuk Multiple Step pada laporan laba-rugi. Kemudian dapat disimpulkan bahwa kondisi rasio likuiditas perusahaan adalah adanya likuid suatu perusahaan yang dikarenakan adanya peningkatan dari kas/bank, piutang, persediaan, uang muka dan beban dibayar dimuka. Rasio solvabilitas, adanya kenaikan yang dikarenakan adanya peningkatan dari total hutang jangka pendek, dan adanya penurunan terhadap rasio modal yang dikarenakan harus membayar beban bunga pinjaman setiap tahunnya, meskipun total modal yang ada di neraca meningkat. Rasio aktivitas, adanya kenaikan yang dikarenakan persediaan dan harga pokok penjualan yang terus meningkat, dan adanya penurunan terhadap persediaan barang yang ada di gudang, namun penurunan tersebut bukan penyebab buruknya perusahaan, melainkan kebaikan bagi perusahaan. Rasio rentabilitas, adanya penjualan dan total aktiva yang terus meningkat, dan adanya penurunan terhadap pendapatan lain-lain yang mengakibatkan persentase laba bersihnya menurun.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/607
Date: 2006-12


Files in this item

Files Size Format View Description
fullbab.pdf 912.7Kb PDF View/Open full bab
abstrak.pdf 26.43Kb PDF View/Open abstrak
cover.pdf 39.53Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record