Studi Manfaat Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Bantu Manajemen Menilai Kinerja Manajer Pusat Biaya Produksi (studi kasus pada PT Daya Mekar Tekstindo)

Widyatama Repository

Studi Manfaat Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Bantu Manajemen Menilai Kinerja Manajer Pusat Biaya Produksi (studi kasus pada PT Daya Mekar Tekstindo)

Show full item record

Title: Studi Manfaat Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Bantu Manajemen Menilai Kinerja Manajer Pusat Biaya Produksi (studi kasus pada PT Daya Mekar Tekstindo)
Author: Siagian, Dian Noviana
Abstract: Dewasa ini, perusahaan dihadapkan pada persaingan yang ketat, perusahaan dituntut harus mampu memperoleh dan mengelola sumber-sumber daya ekonomi yang dimiliki secara efektif dan efisien. Salah satunya adalah pengendalian terhadap biaya produksi. Untuk itu diperlukan suatu alat bagi manajemen dalam mengelola biaya produksi, yaitu akuntansi pertanggungjawaban yang mengharuskan setiap manajer pusat pertanggungjawaban untuk selalu bertanggungjawab atas wewenang yang diterimanya, termasuk masalah biaya yang terdapat dalam anggaran yang telah dibuat sebelumnya oleh masing-masing manajer pusat pertanggungjawaban untuk memudahkan pimpinan menilai kinerja manajer yang bersangkutan. Penulis melakukan penelitian pada PT. Daya Mekar Tekstindo yang berlokasi di JL. Raya Batujajar KM 5,5 Bandung. Objek penelitiannya adalah manfaat akuntansi pertanggungjawaban di perusahaan dalam menilai kinerja manajer pusat biaya produksi. Penelitian ini dilakukan mulai dari bulan Oktober sampai dengan bulan Desember. Metodologi penelitian yang digunakan penulis adalah metode analisis diskriptif dengan pendekatan penelitian melalui studi kasus. Sedangkan untuk memperoleh data, dilakukan penelitian lapangan dan didukung dengan penelitian kepustakaan . Hasil yang diperoleh penulis dari penelitian ini adalah bahwa akuntansi pertanggungjawaban di PT. Daya Mekar Tekstindo bermanfat dalam menilai kinerja manajer pusat biaya produksi. Hal tersebut dapat dibuktikan dari adanya hal-hal berikut : 1. Penerapan syarat-syarat akuntansi pertanggungjawaban di PT. Daya Mekar Tekstindo dengan adanya struktur organisasi dan wewenangnya, pengklasifikasian kode rekening, anggaran yang disusun, dan adanya laporan pertanggungjawaban. 2. Karakteristik akuntansi pertanggungjwaban di PT. Daya Mekar Tekstindo dengan adanya identifikasi pusat pertanggungjawaban, standar tolak ukur kinerja manajer, pengukuran kinerja manajer, dan pemberian penghargaan / hukuman. 3. Penggunaan informasi akuntansi pertanggungjawaban dalam menilai kinerja manajer pusat biaya produksi dengan adanya penyajian informasi anggaran biaya produksi, realisasi, dan selisihnya serta penyajian anggaran kuantitas produksi dan realisasinya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa perusahaan telah menerapkan akuntansi pertanggungjawaban sebagai alat bantu manajemen menilai kinerja manajer pusat biaya produksi. Namun tidak seluruh syarat akuntansi pertanggungjawaban telah diterapkan oleh perusahaan. Oleh karena itu, penulis mencoba memberikan saran-saran yang diharapkan dapat dijadikan bahan masukan bagi perusahaan, antara lain : dicantumkannya kode bagian untuk para manajer, pemisahan biaya terkendali dan biaya tidak terkendali.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/605
Date: 2007-01


Files in this item

Files Size Format View Description
kuisi.pdf 31.05Kb PDF View/Open kuisioner
daftar.pdf 14.30Kb PDF View/Open daftar pustaka
fullbab.pdf 2.455Mb PDF View/Open full
abstrak.pdf 32.38Kb PDF View/Open abstrak
pernyataan.pdf 14.12Kb PDF View/Open pernyataan
cover.pdf 29.06Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record