Kontribusi Pendapatan Asli Daerah Terhadap Besarnya Belanja Pembangunan Daerah (studi kasus pada Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang)

Widyatama Repository

Kontribusi Pendapatan Asli Daerah Terhadap Besarnya Belanja Pembangunan Daerah (studi kasus pada Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang)

Show full item record

Title: Kontribusi Pendapatan Asli Daerah Terhadap Besarnya Belanja Pembangunan Daerah (studi kasus pada Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang)
Author: Susanto
Abstract: Skripsi yang berjudul â Kontribusi Pendapatan Asli Daerah Terhadap Besarnya Belanja Pembangunan Daerah â (Studi kasus pada Dinas Pendapatan Daerah dan BPKD Kabupaten Pemalang), beranjak dari masalah yang sedang dihadapi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang sekarang ini. Adapun masalah tersebut adalah masih lemahnya Pendapatan Asli Daerah, sehingga berkaitan langsung dengan besarnya sumbangan yang diberikan untuk membiayai Belanja Pembangunan Daerah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya kontribusi/sumbangan Pendapatan Asli Daerah terhadap besarnya Belanja Pembangunan Daerah. Dengan menggunakan metode deskriptif, penulis berusaha untuk memecahkan masalah-masalah melalui data-data yang dikumpulkan untuk kemudian diolah, dianalisis, dan diproses lebih lanjut. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat kontribusi yang signifikan dari Pendapatan Asli Daerah terhadap besarnya Belanja Pembangunan Daerah. Ini mengandung arti bahwa diantara Pendapatan Asli Daerah dengan Belanja Pembangunan Daerah mempunyai hubungan yang searah. Pengujian hipotesis tersebut dengan menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan Pendapatan Asli Daerah dengan persentase rata-rata sebesar (13,30%) diiringi oleh peningkatan Belanja Pembangunan Daerah dengan persentase rata-rata sebesar (25,27%) yang bertanda positif, artinya setiap perubahan/kenaikan pada nilai variabel independen maka akan berbanding lurus dengan perubahan/kenaikan pada nilai variabel dependen. Selain itu penelitian ini juga menunjukan bahwa adanya kontribusi Pendapatan Asli Daerah terhadap besarnya Belanja Pembangunan Daerah sebesar (29,93%). Hal ini menggambarkan masih rendahnya kontribusi yang diberikan Pendapatan Asli Daerah terhadap besarnya Belanja Pembangunan Daerah Kabupaten Pemalang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penulis mencoba memberikan saran yaitu perlu diupayakanya peningkatan Pendapatan Asli melalui program intesifikasi dan ekstensifikasi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/603
Date: 2006-07


Files in this item

Files Size Format View Description
daftrpus.pdf 12.88Kb PDF View/Open daftar pustaka
bab5.pdf 16.25Kb PDF View/Open bab 5
bab4.pdf 686.9Kb PDF View/Open bab 4
bab3.pdf 289.5Kb PDF View/Open bab 3
bab2.pdf 872.3Kb PDF View/Open bab 2
bab1.pdf 245.0Kb PDF View/Open bab 1
abstrak.pdf 36.71Kb PDF View/Open abstrak
pernytn.pdf 9.898Kb PDF View/Open pernyataan
cover.pdf 15.15Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record