Analisis Faktor-Faktor Yang Memotivasi Pemilihan Karier Bagi Mahasiswa Akuntansi (studi survey pada Universitas Widyatama Bandung)

Widyatama Repository

Analisis Faktor-Faktor Yang Memotivasi Pemilihan Karier Bagi Mahasiswa Akuntansi (studi survey pada Universitas Widyatama Bandung)

Show full item record

Title: Analisis Faktor-Faktor Yang Memotivasi Pemilihan Karier Bagi Mahasiswa Akuntansi (studi survey pada Universitas Widyatama Bandung)
Author: Oktavia, Melani
Abstract: Pemilihan suatu karier bagi seorang mahasiswa akuntansi merupakan suatu awal dari pembentukan karier tersebut. Banyak pilihan karier yang dapat dipilih bagi lulusan akuntansi saat sekarang ini tergantung dari faktor-faktor yang memotivasinya. Terdapat 4 sektor pekerjaan yang bisa dimasuki oleh lulusan pendidikan akuntansi yakni akuntan publik, akuntan pemerintah, akuntan intern perusahaan dan akuntan pendidik. Banyak faktor yang menjadi latar belakang pemilihan karier bagi mahasiswa akuntansi saat ini. Keputusan yang tepat atas pilihan karier berasal dari pemikiran-pemikiran matang individu mengenai pemahaman dari serta value dari karier tersebut. Praktek akuntansi di Indonesia sendiri dimulai sejak zaman VOC (1642). Akuntan sekarang jumlahnya masih relatif kecil dibandingkan jumlah penduduk Indonesia saat sekarang ini. Sangat memungkinkan profesi akuntan berkembang di masa yang akan datang, baik secara kuantitas maupun kualitas. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diharapkan semakin baik dalam memasuki milenium ketiga, maka profesi akuntan sangat dibutuhkan dalam membantu mewujudkannya. Mahasiswa kebanyakan telah mengenal profesi akuntan. Terutama profesi akuntan publik yang lebih banyak diperkenalkan di kampus dibandingkan dengan profesi akuntan lainnya. Bentuk penelitian yang dilakukan berupa survei pada mahasisawa Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama Bandung dengan membagikan kuesioner yang dilakukan dari tanggal 27 September 2005 sampai dengan 28 September 2005. data juga diperoleh melalui riset kepustakaan dan internet. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa banyak diantara mahasiswa memilih profesi akuntan publik. Dari 176 orang responden yang telah mengisi kuesioner 101 orang responden memilih profesi akuntan publik, 35 orang responden memilih akuntan intern perusahaan, 15 orang responden memilih akuntan pemerintah dan 4 orang responden memilih akuntan pendidikan. Saran yang dapat penulis berikan agar penelitian selanjutnya dapat lebih baik lagi dan dapat meneruskan penelitian dengan jumlah responden lebih banyak lagi dan tidak hanya dikota bandung saja. Menambah keterampilan khusus profesi akuntan guna memberikan dasar yang lebih kuat dan menjadikan lulusan mahasiswa akuntansi sebagai lulusan perguruan tinggi yang mempunyai nilai lebih.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/584
Date: 2005-12


Files in this item

Files Size Format View Description
0100332.pdf 1.808Mb PDF View/Open full text

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record