Analisis Perbandingan Efesiensi Biaya Produksi Sebelum dan Sesudah Penerapan Total Quality Management (studi kasus pada PT Indowira Putra)

Widyatama Repository

Analisis Perbandingan Efesiensi Biaya Produksi Sebelum dan Sesudah Penerapan Total Quality Management (studi kasus pada PT Indowira Putra)

Show full item record

Title: Analisis Perbandingan Efesiensi Biaya Produksi Sebelum dan Sesudah Penerapan Total Quality Management (studi kasus pada PT Indowira Putra)
Author: Andini, Fajdhika
Abstract: Hampir semua perusahaan industri mempunyai pemikiran bahwa peningkatan kualitas memerlukan biaya produksi yang tinggi. Tetapi ada pendapat pendapat lain yang menyatakan bahwa peningkatan kualitas dapat menurunkan biaya jika perusahaan menerapkan manajemen yang benar, diantaranya dengan menerapkan Total Quality Management (TQM). TQM merupakan suatu cara meningkatkan performasi secara terus-menerus pada setiap level operasi atau proses dengan menggunakan semua sumber daya manusia dan modal yang tersedia. Efisiensi adalah ketepatan cara dalam menjalankan sesuatu dengan tidak membuang waktu, tenagan dan biaya. Konsep TQM dapat membawa akibat yang positif terhadap peningkatan kualitas dan penghematan biaya. Proses produksi yang memperhatikan mutu akan menghasilkan produk yang terbebas dari kerusakan atau kegagalan, sehingga perusahaan akan terhindar dari pemborosan. Penelitian ini dilakukan di PT.INDOWIRA PUTRA yang berlokasi di Leuwigajah, Cimahi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan TQM di PT.INDOWIRA PUTRA dan mengetahui efektivitas biaya produksi sebelum dan sesudah penerapan TQM, yaitu dengan membandingkan jumlah efisiensi sebelum dengan sesudah penerapan TQM. Dalam melakukan penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus pada PT. INDOWIRA PUTRA, Bandung. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan efisiensi sebesar 1,2% setelah penerapan TQM dan beberapa aktivitas sudah sesuai dengan unsur-unsur utama TQM. Dengan demikian penerapan TQM diperusahaan sudah berjalan dengan baik dan memiliki pengaruh terhadap efisiensi biaya produksi. Ada pun saran penulis bagi perusahaan ialah sebaiknya perusahaan tidak cepat merasa puas atas keberhasilan penerapan TQM. Keberhasilan harus dipertahankan dan ditingkatkan lagi agar perusahaan bisa bersaing di era global ini.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/579
Date: 2008-03


Files in this item

Files Size Format View
0106A07.pdf 1.796Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record