Pengaruh Akuntansi Pertanggung Jawaban terhadap motivasi manajer pusat laba (survai pada hotel-hotel bintang empat di bandung)

Widyatama Repository

Pengaruh Akuntansi Pertanggung Jawaban terhadap motivasi manajer pusat laba (survai pada hotel-hotel bintang empat di bandung)

Show full item record

Title: Pengaruh Akuntansi Pertanggung Jawaban terhadap motivasi manajer pusat laba (survai pada hotel-hotel bintang empat di bandung)
Author: Akbar, Fachri
Abstract: Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman budaya, bahasa serta objek wisata yang menjadi potensi negara dalam bidang pariwisata yang perlu dikembangkan karena merupakan salah satu sumber devisa negara. Bidang usaha hotel merupakan bagian dari usaha kepariwisataan, ini berarti hidup dan kehidupannya banyak tergantung dari banyak atau sedikitnya wisatawan yang datang. Tetapi keadaan industri pariwisata di Indonesia belakangan ini mendapatkan pukulan yang cukup telak dikarenakan faktor keamanan yang kurang baik dengan adanya berbagai aksi teror bom di beberapa daerah di Indonesia. Dengan adanya permasalahan di atas Pemerintah telah mengambil langkah-langkah untuk mengembalikan kepercayaan wisatawan domestik maupun mancanegara untuk kembali berkunjung ke objek wisata di Indonesia, dilain pihak manajemen hotel perlu melakukan efisiensi dan efektifitas dalam melakukan aktivitasnya selain promosi yang cukup gencar. Akuntansi pertanggungjawaban merupakan suatu cara untuk meningkatkan kinerja serta mengendalikan aktivitas yang dilakukan oleh manajer pusat pertanggungjawaban agar tercapai aktivitas yang efektif dan efisien. Namun agar manajer dapat meningkatkan kinerjanya maka manajer perlu diberi dorongan berupa penghargaan. Dengan adanya kemungkinan bahwa usaha akan diberi penghargaan serta penilaian manajer atas penghargaan tersebut maka dapat dipastikan manajer akan termotivasi untuk bekerja sebaik-baiknya dalam meningkatkan kinerjanya. Penelitian ini dilakukan pada hotel-hotel bintang empat di Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui memadainya akuntansi pertanggungjawaban, mengetahui motivasi manajer pusat laba serta untuk mengetahui pengaruh penerapan akuntansi pertanggungjawaban terhadap motivasi manajer pusat laba pada hotel-hotel bintang empat di Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan survai. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Dari hasil uji korelasi Rank Spearman diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan akuntansi pertanggungjawaban yang memadai terhadap motivasi manajer pusat laba pada hotel-hotel bintang empat di Bandung sebesar 0,8933. Dari perhitungan Koefisien Determinasi (KD) diperoleh bahwa penerapan akuntansi pertanggungjawaban yang memadai memiliki kontribusi pengaruh sebesar 80 % terhadap motivasi manajer pusat laba, sedangkan sisanya sebesar 20 % dipengaruhi oleh faktor lain. Dari pengujian hipotesis diperoleh rs hitung (0,8933) > rs tabel (0,8286) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sementara hasil uji t didapat t hitung (3,975) > t tabel (2,776) yang berarti hipotesis yang ditetapkan oleh penulis dapat diterima. Adapun saran dari penulis terhadap perusahaan adalah sebaiknya perusahaan memperhatikan kesejahteraan karyawannya (khususnya para manajer) agar mereka lebih termotivasi dan memiliki loyalitas terhadap perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/553
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
0101407.pdf 1.876Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record