Pengaruh brand image produk minuman ringan bersoda coca-cola terhadap keputusan pembelian pada PT Coca-cola Botling Indonesia

Widyatama Repository

Pengaruh brand image produk minuman ringan bersoda coca-cola terhadap keputusan pembelian pada PT Coca-cola Botling Indonesia

Show full item record

Title: Pengaruh brand image produk minuman ringan bersoda coca-cola terhadap keputusan pembelian pada PT Coca-cola Botling Indonesia
Author: Dewinata, Amalia
Abstract: Dalam penelitian ini penulis mengambil judul ”Pengaruh Brand Image Produk Minuman Ringan Bersoda Coca-Cola Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Coca- Cola Bottling Indonesia”. Tujuan dari penelitian yang dilakukan penulis adalah untuk mengetahui tanggapan konsumen tentang masing-masing komponen pembentuk atribut brand image produk minuman ringan bersoda Coca-Cola, dan mengetahui bagaimana proses keputusan konsumen untuk membeli produk minuman ringan bersoda Coca-Cola, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand image Coca-Cola terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk minuman ringan bersoda Coca-Cola. Untuk mengukur dan menganalisa hubungan antara kedua variabel di atas, penulis menyebarkan kuesioner kepada 100 orang responden. Kemudian hasil pernyataan dari responden tersebut diolah dan dianalisis dengan menggunakan metode statistik, yaitu dengan Korelasi Rank Spearman, statistik uji t dan Koefisien Determinasi r. Dari hasil penelitian, pernyataan konsumen atas brand image produk minuman ringan bersoda Coca-Cola adalah sangat setuju, yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata secara keseluruhan atas pernyataan responden terhadap brand image produk minuman ringan bersoda Coca-Cola adalah sebesar 4,24, sedangkan pernyataan konsumen terhadap keputusan pembelian produk minuman ringan bersoda Coca-Cola adalah setuju, yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata secara keseluruhan atas pernyataan responden terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 4,18. Hasil penelitian dan interpretasi yang diperoleh dengan menggunakan Korelasi Rank Spearman menunjukkan bahwa hubungan antara brand image terhadap keputusan pembelian produk minuman ringan bersoda Coca-Cola adalah cukup kuat dan searah yaitu sebesar 0,57. Besarnya pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian konsumen yang diperoleh dari perhitungan Koefisien determinasi adalah sebesar 32,49%, dan sisanya 67,51% oleh penulis dianggap faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam bagian penelitian ini. Sedangkan dari perhitungan statistik uji t, ternyata thitung = 6,88 lebih besar dati ttabel = 1,663, maka H1 diterima dan Ho ditolak. Ini berarti terdapat hubungan positif yang signifikan antara brand image dengan keputusan pembelian. Penulis mengajukan saran agar perusahaan lebih meningkatkan inovasi terhadap desain kemasan produk Coca-Cola agar dapat memberikan perbedaan dengan produk pesaing sehingga dapat lebih menarik minat beli konsumen. Selain hal tersebut, berdasarkan saran dari responden dan hasil kesimpulan analisis yang masih di bawah rata-rata, perusahaan juga diharapkan dapat lebih meningkatkan mutu dan kualitas produk, menambah variasi produk dan lebih tanggap terhadap apa yang menjadi keinginan dan harapan konsumen terhadap produk Coca-Cola, serta membuka suara layanan konsumen untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap produk Coca-Cola, yang nantinya akan memberikan nilai lebih bagi citra merek Coca-Cola itu sendiri dan juga akan mempercepat konsumen dalam melakukan proses pembelian.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/534
Date: 2006-01


Files in this item

Files Size Format View Description
DAFTAR PUSTAKA.pdf 193.7Kb PDF View/Open daftar pustaka
bab5.pdf 114.5Kb PDF View/Open Bab 5
bab4.pdf 1.298Mb PDF View/Open Bab 4
bab3.pdf 388.5Kb PDF View/Open Bab 3
bab2.pdf 756.2Kb PDF View/Open Bab 2
bab1.pdf 225.4Kb PDF View/Open Bab 1
cover.pdf 199.5Kb PDF View/Open Cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record