Kualitas Jasa Perbankan Secara online melalui internet (internet banking) terhadap loyalitas nasabah PT Bank Mandiri Tbk Cabang Suci

Widyatama Repository

Kualitas Jasa Perbankan Secara online melalui internet (internet banking) terhadap loyalitas nasabah PT Bank Mandiri Tbk Cabang Suci

Show full item record

Title: Kualitas Jasa Perbankan Secara online melalui internet (internet banking) terhadap loyalitas nasabah PT Bank Mandiri Tbk Cabang Suci
Author: Rimbawanto, Ahadian
Abstract: Dengan semakin banyaknya Bank yang tidak sehat yang dilikuidasi, maka agar tetap menjaga agar Bank tersebut untuk tidak hanya bisa bertahan tetapi juga unggul dan kompetitif adalah dengan cara memberikan produk dan layanan yang terbaik yang dimilikii oleh perusahaan yang didukung dengan inovasiinovasi perkembangan teknologi. Bank Mandiri dalam hal ini berusaha mengeluarkan produk dan layanan jasa yang lebih spesifik agar dapat memberikan kepuasan yang maksimal bagi para nasabahnya dan juga menjaring konsumen lebih luas, sehingga unggul di dalam persaingan. Sebab kepuasan konsumen bukan hanya berasal dari features produk semata tetapi harus merupakan gabungan antara features dan quality service yang diberikan. Penelitian ini dilakukan di PT Bank Mandiri Tbk Cabang Suci, dimana yang menjadi objek penelitaian adalah kualitas jasa yang memiliki lima sub variabel yaitu: keandalan (Reliability), daya tanggap (Responsiveness), kepastian (Assurance), empati (Emphaty) dan Berwujud (Tangiable) sedangkan variabel yang lainnya adalah loyalitas nasabah yang memiliki 3 indikator yaitu:pembelian ulang, penolakan terhadap produk pesaing, memberikan referensi kepada orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kualitas jasa Internet Banking Mandiri, mengetahui tanggapan nasabah akan kualitas jasa Internet Banking Mandiri dan sejauh mana kualitas jasa Internet Banking dapat mempengaruhi nasabah PT Bank Mandiri Tbk Cabang Suci Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data dari hasil kuesioner, keterangan dari pihak terkait yaitu PT Bank Mandiri Tbk Cabang Suci, Website Bank Mandiri yaitu: www.bankmandiri.co.id dan juga dari berbagai literatur dan majalah. Untuk mencapai tujuan penelitian, metode yang digunakan adalah analisis statistik Rank Spearman. Pengujian hipotesis menggunakan uji Tstatistik 1 pihak (pihak kanan) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian yang menggunakan uji t-statistik 1 pihak (kanan) menunjukan bahwa 1. Antara kualitas jasa Internet Banking Mandiri terhadap loyalitas nasabah terdapat pengaruh yang sedang (r s = 0,427). 2. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan koefisien determinasi dapat dijelaskan bahwa besarnya pengaruh yang dapat diberikan oleh kualitas jasa Internet Banking terhadap loyalitas adalah sebesar 18,23% dan sisanya sebesar 81,77% dipengaruhi oleh faktor lain. 3. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji distribusi t, didapat t hitung = 2,498 dan t tabel = 1,701, ini berarti t hitung > t tabel maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak yang berarti hipotesis yang penulis ajukan: ”kualitas jasa Internet Banking berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah PT Bank Mandiri Tbk Cabang Suci” dapat diterima
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/532
Date: 2006-04


Files in this item

Files Size Format View Description
Daftar Pustaka.pdf 42.16Kb PDF View/Open daftar pustaka
bab5.pdf 351.4Kb PDF View/Open Bab 5
bab4.pdf 7.595Mb PDF View/Open Bab 4
bab3.pdf 1.543Mb PDF View/Open Bab 3
bab2.pdf 1.609Mb PDF View/Open Bab 2
bab1.pdf 282.9Kb PDF View/Open Bab 1
sampul.pdf 315.5Kb PDF View/Open Cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record