Pengaruh Periklanan Proyek Perumahan Dai-Ichi Antapani terhadap kepuasan pembelian konsumen pada PT Putraco Indah

Widyatama Repository

Pengaruh Periklanan Proyek Perumahan Dai-Ichi Antapani terhadap kepuasan pembelian konsumen pada PT Putraco Indah

Show full item record

Title: Pengaruh Periklanan Proyek Perumahan Dai-Ichi Antapani terhadap kepuasan pembelian konsumen pada PT Putraco Indah
Author: Nuradi, Arshinta A
Abstract: Untuk perusahaan besar maupun kecil, periklanan merupakan hal yang sangat penting, terutama untuk menarik konsumen agar melakukan keputusan pembelian produk perusahaan dan mempertahankan konsumen perusahaan. Dalam hal ini periklanan menjadi salah satu ujung tombak pemasaran bagi perusahaan. Dalam menjalankan periklanan tentu dibutuhkan dana yang sangat besar. PT. Puteraco Indah sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang real estate juga menjalankan periklanan sebagai salah satu strategi promosinya dengan mengeluarkan dana yang cukup besar untuk menjalankannya. Untuk mengetahui pengaruh periklanan proyek Perumahan Dai-Ichi Antapani terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT. Puteraco Indah, maka diperlukan suatu pengukuran mengenai periklanan yang dilakukan perusahaan dengan keputusan pembelian konsumen. Dalam penelitian ini penulis menggunakan rumus Rank Spearman untuk mengetahui kekuatan hubungan antara variabel independent (periklanan) dan variabel dependent (keputusan pembelian konsumen). Dari hasil analisis korelasi Rank Spearman dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang rendah dan arah positif antara periklanan dengan keputusan pembelian konsumen pada Perumahan Dai-Ichi Antapani sebesar 0,33. Besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y dapat dihitung dengan koefisien determinasi (Kd). Dengan koefisien determinasi sebesar 10,89% dapat disimpulkan bahwa keputusan pembelian konsumen (variabel Y) dipengaruhi oleh periklanan (variabel X) sebesar 10,89% sedangkan sisanya 89,11% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini seperti misalnya harga, lokasi/tempat, personal selling, dan lain-lain. Sedangkan untuk menguji hipotesis, maka digunakan statistik uji t, lalu membandingkan antara t tabel dengan t hitung. Dari hasil pengujian tersebut dapat diketahui bahwa t hitung lebih besar daripada t tabel yaitu 1,851>1,701 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima atau dengan kata lain terdapat pengaruh positif antara periklanan terhadap keputusan pembelian konsumen. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan yaitu: “Periklanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen” dapat diterima. Dari hasil penelitian, dapat pula diketahui kekurangan dari periklanan yang dilakukan oleh PT. Puteraco Indah dan keluhan-keluhan konsumen lainnya sehingga dapat diambil langkah-langkah yang lebih baik dalam pelaksanaan periklanan untuk menarik keputusan pembelian konsumen dimasa yang akan datang seperti menambah frekuensi dan jangka waktu penayangan iklan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/531
Date: 2006-02


Files in this item

Files Size Format View Description
DAFTAR PUSTAKA.pdf 75.28Kb PDF View/Open daftar pustaka
bab5.pdf 86.89Kb PDF View/Open Bab 5
bab4.pdf 928.5Kb PDF View/Open Bab 4
bab3.pdf 323.3Kb PDF View/Open Bab 3
bab2.pdf 848.2Kb PDF View/Open Bab 2
bab1.pdf 136.1Kb PDF View/Open Bab 1
cov.pdf 225.0Kb PDF View/Open Cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record