Manfaat Audit Operasional Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan (Studi Kasus pada PT INTI Divisi JTS Bandung)

Widyatama Repository

Manfaat Audit Operasional Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan (Studi Kasus pada PT INTI Divisi JTS Bandung)

Show full item record

Title: Manfaat Audit Operasional Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan (Studi Kasus pada PT INTI Divisi JTS Bandung)
Author: Fitrianti, Annisa
Abstract: Bagi suatu perusahaan, penjualan merupakan sumber pendapatan. Pendapatan setelah dikurangi dengan biaya-biaya yang telah dikeluarkan memperoleh laba, dimana laba ini mempunyai peranan penting bagi perusahaan dalam mengukur kemampuan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, sehingga apabila tidak diawasi dengan baik besar kemungkinan terjadi kecurangan maupun penggelapan. Untuk mengurangi kemungkinan tersebut, diperlukan suatu kebijakan manajemen pengendalian penjualan yang memadai dan dilakukannya audit terhadap kebijakan manajemen. Dalam skripsi ini, penulis mengidentifikasikan masalah yang akan menjadi pokok pembahasan, yaitu: (a) Apakah pelaksanaan audit operasional pada PT. INTI (Persero) telah memadai; (b)Bagaimana efektivitas pelaksanaan pengendalian internal atas penjualan; (c)Bagaimana manfaat audit operasional dalam menunjang efektivitas pengendalian internal penjualan. Penulis memilih PT. INTI (Persero) sebagai objek penelitian karena PT. INTI (Persero) mempunyai divisi Internal Audit dan bergerak dalam bidang penjualan perangkat telekomunikasi. Penelitian yang penulis lakukan adalah mengenai manfaat audit operasional dalam menunjang efektivitas pengendalian internal penjualan. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah: (a) Untuk mengetahui kememadaian pelaksanaan audit operasional atas aktivitas penjualan; (b) Untuk mengetahui pelaksanaan pengendalian internal atas penjualan apakah telah efektif; (c) Untuk mengetahui manfaat audit operasional yang telah dilaksanakan terhadap aktivitas penjualan dalam menunjang efektivitas pengendalian internal pada PT. INTI (Persero) Bandung. Metode yang penulis pergunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus, dimana data dan informasi yang diperoleh selama penelitian ini diperoleh, dianalisis, dan diolah untuk proses lebih lanjut dengan dasar teori yang telah dipelajari guna mengetahui hubungan tiga variabel yaitu variabel kememadaian audit operasional, efektivitas pengendalian internal penjualan, dan manfaat audit operasional dalam menunjang efektivitas pengendalian internal penjualan. Berdasarkan data penelitian dan hasil pembahasan yang telah dilakukan, penulis mendapat gambaran yang cukup jelas mengenai objek penelitian dan secara umum dapat dikatakan bahwa pelaksanaan audit operasional aktivitas penjualan yang dilaksanakan perusahaan telah memadai karena telah terpenuhinya kriteria audit operasional serta pelaksanaan pengendalian internal penjualan telah efektif karena unsur-unsur pengendalian telah dijalankan dengan baik dan tercapainya tujuan pengendalian internal penjualan. Dari hasil penelitian dan pembahasan tersebut, audit operasional yang memadai bermanfaat dalam menunjang efektivitas pengendalian internal penjualan telah tercapai.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/524
Date: 2006-11


Files in this item

Files Size Format View
0103052.pdf 4.129Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record