Pengaruh Klasifikasi Komponen Laba Tehadap Kemampuan Prediksi Laba Bersih (Studi Survei Pada Perusahaan Semen Yang Terdapat di Bursa Efek Jakarta)

Widyatama Repository

Pengaruh Klasifikasi Komponen Laba Tehadap Kemampuan Prediksi Laba Bersih (Studi Survei Pada Perusahaan Semen Yang Terdapat di Bursa Efek Jakarta)

Show full item record

Title: Pengaruh Klasifikasi Komponen Laba Tehadap Kemampuan Prediksi Laba Bersih (Studi Survei Pada Perusahaan Semen Yang Terdapat di Bursa Efek Jakarta)
Author: Siregar, Leli D
Abstract: Industri komoditi teh akhir-akhir ini mengalami persaingan yang begitu ketat. Negara negara penghasil teh dunia seperti India, Cina dan Srilanka merupakan pesaing terbesar Indonesia dalam perdagangan komoditi internasional. Persaingan harga jual komoditi teh menjadi salah satu faktor daya saing yang menentukan kelangsungan industri teh di Indonesia. Tingginya biaya produksi teh merupakan masalah yang kerap dialami PT Perkebunan Nusantara VIII yang merupakan produsen teh terbesar di Indonesia sejak krisis moneter tahun 1997. Pembebanan biaya produksi melalui perumusan struktur harga pokok produk yang baik dan benar pada akhirnya akan berpengaruh terhadap harga jual produk itu sendiri. Perumusan struktur harga pokok yang benar sesuai dengan biaya-biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan produk tersebut. Agar perumusan biaya berjalan dengan baik dan benar perlu digunakan metode-metode perumusan harga pokok dengan pendekatan konvensional dan kontemporer. Efisiensi dan efektivitas biaya produksi berpengaruh terhadap harga pokok produk. Efisiensi dapat tercapai apabila realisasi biaya produksi lebih kecil dibandingkan anggaran biaya produksi. Efektivitas tercapai apabila target produksi yang dianggarkan tercapai, kualitas hasil jadi produk dan waktu proses produksi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meneliti kememadaian struktur harga pokok produk, untuk mengetahui efisiensi dalam proses produksi komoditi teh dan mengetahui tingkat efektivitas antara anggaran dengan realisasi biaya produksi komoditi teh pada PT Perkebunan Nusantara VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus. Untuk mengelola data yang diperoleh, digunakan operasionalisasi variabel yang dapat dipakai untuk mengetahui indikator dan sub indikator dari masalah-masalah yang diteliti. Untuk mengetahui tingkat efektivitas proses produksi penulis menggunakan metode kuesioner dengan menggunakan rumes korelasi Rank spearmant. Berdasarkan hasil penelitian struktur harga pokok telah memadai. Biaya produksi rata-rata dalam kurun waktu 2002-2004 sudah efisien sebesar 10,71% lebih rendah dari anggaran yang ditetapkan. Berdasarkan kuesioner dengan menggunakan rumus penetapan efektivitas, proses produksi sudah berjalan efektif dengan tingkat efektivitas 73,6%. Maka dapat disimpulkan dua hal, yaitu : struktur harga pokok yang diterapkan telah memadai dan proses produksi komoditi teh yang berjalan sudah efektif dan efisien. Penelitian ini direkomendasikan bagi PT Perkebunan Nusantara VIII agar menerapkan struktur harga pokok produk yang memadai, serta melakukan efisiensi biaya produksi dan efektivitas pencapaian target produksi komoditi teh, sehingga produk yang dihasilkan mempunyai keunggulan bersaing dalam segi harga jual serta kualitas produk.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/519
Date: 2006-03


Files in this item

Files Size Format View
0102263.pdf 3.601Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record