Peranan Anggaran Biaya Operasi Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Biaya Operasi (Studi Kasus pada PT Kereta Api (Persero))

Widyatama Repository

Peranan Anggaran Biaya Operasi Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Biaya Operasi (Studi Kasus pada PT Kereta Api (Persero))

Show full item record

Title: Peranan Anggaran Biaya Operasi Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Biaya Operasi (Studi Kasus pada PT Kereta Api (Persero))
Author: Hafid, Ahmad R
Abstract: Secara umum kemampuan perusahaan untuk memberikan pelayanan yang bermutu tinggi dapat dilakukan dengan mengendalikan operasi perusahaannya secara efektif dan efisien dengan tidak mengabaikan mutu kepada konsumennya. Sehubungan dengan hal tersebut, maka kegiatan perusahaan semakin kompleks. Dengan demikian diperlukan perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian yang baik, yaitu melalui anggaran. Anggaran sebagai alat pengendalian manajemen yang merupakan serangkaian tahapan untuk memastikan bahwa seluruh aspek dilaksanakan oleh setiap pusat pertanggung jawaban berorientasi pada operasi dan pengelolaan yang efektif dan efisien. Berdasrkan hal itu penulis melakukan penelitian dengan judul “PERANAN ANGGARAN BIAYA OPERASI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA OPERASI.” Perusahaan yang diteliti dalam penulisan skripsi ini adalah PT. Kereta Api (Persero) yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa transportasi darat dan berada di bawah naungan departemen perhubungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peranan anggaran biaya operasi dalam menunjang efektivitas pengendalian biaya opearsi. Metode yang digunakan penulis adalah metode deskriptif analitik, yaitu metode yang digunakan dengan cara mengumpulkan, menyusun dan mengkualifikasikan, menganalisis dan menyimpulkan data, sehingga dapat memberikan gambaran-gambaran yang cukup jelas pada objek yang diteliti. Data diperoleh melalui kuesioner, wawancara dan observasi. Dalam pengujian Hipotesis penulis menggunakan klasifikasi menurut Dean. J. Champion yang hasil dari pengujian tersebut dapat ditarik kesimpulan apakah hipotesis diterima atau ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh, PT. Kereta Api (Persero) telah melaksanakan anggaran biaya operasi dengan memadai hal ini terlihat dengan adanya prosedur dan proses penyusunan anggaran biaya operasi yang efektif, adanya tahapan-tahapan untuk mencapai efektivitas pengendalian biaya operasi serta pengujian hipotesis yang mencapai 98,45% yang berarti anggaran biaya operasi berperan dalam menunjang efektivitas biaya operasi dapat diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa anggaran biaya operasi yang memadai mempunyai peranan dalam menunjang efektivitas pengendalian biay operasi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/514
Date: 2007-04


Files in this item

Files Size Format View Description
bab5.pdf 259.7Kb PDF View/Open Bab 5
bab4.pdf 1.059Mb PDF View/Open Bab 4
bab3.pdf 657.1Kb PDF View/Open Bab 3
bab2.pdf 1.180Mb PDF View/Open Bab 2
bab1.pdf 295.4Kb PDF View/Open Bab 1
cover.pdf 3.107Mb PDF View/Open Cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record