FUNGSI RECORD AKUNTANSI PADA PEMROSESAN TRANSAKSI UNTUK MENGHASILKAN KUALITAS INFORMASI PENDAPATAN PADA PT. PINDAD (PERSERO)

Widyatama Repository

FUNGSI RECORD AKUNTANSI PADA PEMROSESAN TRANSAKSI UNTUK MENGHASILKAN KUALITAS INFORMASI PENDAPATAN PADA PT. PINDAD (PERSERO)

Show full item record

Title: FUNGSI RECORD AKUNTANSI PADA PEMROSESAN TRANSAKSI UNTUK MENGHASILKAN KUALITAS INFORMASI PENDAPATAN PADA PT. PINDAD (PERSERO)
Author: Stefanus
Abstract: Dalam tingkat persaingan yang terbuka di tingkat dunia, para manajer organisasi dihadapkan pada berbagai pengambilan keputusan yang berdampak bagi perusahaan yang dipimpin. Berbagai analisis informasi, terutama informasi keuangan, dilakukan oleh para stakeholders untuk mengurangi ketidakpastian dimasa yang akan datang dimana diharapkan terciptalah keputusan yang efektif dan efisien demi kelangsungan hidup perusahaan. Salah satu keputusan yang direncanakan adalah upaya dan perencanaan perusahaan untuk mendapatkan laba secara maksimal. Efektivitas pendapatan membantu perusahaan dalam mendapatkan laba/keuntungan. Oleh karena itu, manajemen memerlukan berbagai komponen/unsur yang dihubungkan satu sama lainnya demi mendapatkan laba. Kumpulan komponen tersebut dinamakan Sistem Informasi Akuntansi (SIA). Salah satu komponen SIA adalah record/catatan akuntansi. Record akuntansi menangkap, menyimpan data, yang kemudian digunakan untuk menghasilkan laporan informasi pendapatan. Perancangan record akuntansi yang memadai dapat membantu bagi tersedianya informasi pendapatan yang berkualitas. Dengan semakin berkualitasnya informasi pendapatan, maka para stakeholders dapat secara lebih baik lagi dalam mengambil keputusan. Berdasarkan pemikiran tersebut, penulis tertarik dalam melakukan penelitian di bagian Akunku & Ditminku pada PT. Pindad (Persero) yang dituangkan dalam judul “Fungsi Record Akuntansi dalam menghasilkan Kualitas Informasi Pendapatan.” Dalam skripsi ini, penulis membatasi penelitian pada pembahasan Record Akuntansi yang terdapat di bagian Ditminku untuk transaksi penjualan. Terdapat pula asumsi yang dipergunakan dalam analisis record akuntansi, dimana unsur human error dan pengendalian intern secara keseluruhan dikesampingkan. Metode penelitian yang dipergunakan penulis mencakup metode deskriptif, dengan teknik penelitian mencakup penelitian lapangan dengan cara observasi dan wawancara untuk memperoleh data yang kemudian dibandingkan dengan data yang diperoleh dari penelitian kepustakaan agar dapat ditarik suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, penulis mengambil kesimpulan bahwa penerapan Record Akuntansi pada pemrosesan transaksi penjualan berfungsi untuk menghasilkan kualitas informasi pendapatan untuk PT. Pindad (Persero).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/513
Date: 2006-03


Files in this item

Files Size Format View Description
bab5.pdf 297.0Kb PDF View/Open Bab 5
bab4.pdf 980.9Kb PDF View/Open Bab 4
bab3.pdf 359.2Kb PDF View/Open Bab 3
bab2.pdf 1.369Mb PDF View/Open Bab 2
bab1.pdf 385.0Kb PDF View/Open Bab 1
cover.pdf 3.176Mb PDF View/Open Cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record