Analisis Laporan Keuangan Sebagai Alat Bantu Manajemen Dalam Menunjang Efektivitas Pemberian Kredit Investasi (Studi Kasus Pada PT Bank X Bandung)

Widyatama Repository

Analisis Laporan Keuangan Sebagai Alat Bantu Manajemen Dalam Menunjang Efektivitas Pemberian Kredit Investasi (Studi Kasus Pada PT Bank X Bandung)

Show full item record

Title: Analisis Laporan Keuangan Sebagai Alat Bantu Manajemen Dalam Menunjang Efektivitas Pemberian Kredit Investasi (Studi Kasus Pada PT Bank X Bandung)
Author: Silaban, Anton
Abstract: Laporan keuangan merupakan salah satu alat untuk memberikan informasi mengenai keadaan keuangan suatu perusahaan pada periode tertentu. Informasi dari laporan keuangan mempunyai arti yang penting bagi pihak yang berkepentingan. Bagi Bank analisa laporan keuangan merupakan proses yang sangat penting yang tidak bisa dipisahkan dari analisis kredit. Hal ini disebabkan karena analisa laporan keuangan mempunyai tujuan agar resiko dalam pemberian kredit seperti adanya ketidakpastian dimasa mendatang dapat diminimalisir. Sehingga tujuan pemberian kredit dapat tercapai baik dari segi safety, yaitu kredit yang telah diberikan dapat dikembalikan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan, dan dari segi profitabilitas yaitu kredit yang diberikan dapat memberikan keuntungan bagi kreditur berupa bunga. Dengan alasan diatas, penulis mengadakan penelitian yang dilakukan di PT. Bank “X” (Persero} cabang Bandung. Penelitian ini dilakukan mulai bulan oktober 2005 sampai dengan selesai. Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah ANALISIS LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBERIAN KREDIT INVESTASI. Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui penerapan anlisis laporan keuangan di PT. Bank “X” (Persero) 2. Untuk mengetahui efektifitas pemberian kredit investasi yang dilakukan di PT. Bank “X” (Persero) 3. Untuk mengetahu bagaimana analisis laporan keuangan dapat menunjang efektifitas pemberian kredit investasi di PT. Bank “X” (Persero) Metodologi penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus, sedangkan untuk memperoleh data dilakukan penelitian lapangan berupa wawancara, observasi, dan kuesioner. Selain itu juga dilakukan penelitian kepustakaan. Untuk membuktikan hipotesis digunakan metode Rank of Spearman. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa PT. Bank “X” (Persero) dalam menerapkan analisis laporan keuangan telah memadai, sehingga analisis laporan keuangan sangat mempengaruhi efektivitas pemberian kredit investasi. Hal ini dapat dilihat dari presentase jawaban kuesioner sebesar 50,3%. Jadi hipotesis yang dikemukakan penulis “Apabila Analisis laporan keuangan dilakukan secara memadai, maka akan dapat menunjang efektifitas pemberian kredit investasi” dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/510
Date: 2006-03


Files in this item

Files Size Format View Description
bab5.pdf 21.60Mb PDF View/Open Bab 5
bab4.pdf 21.60Mb PDF View/Open Bab 4
bab3.pdf 21.60Mb PDF View/Open Bab 3
bab2.pdf 21.60Mb PDF View/Open Bab 2
bab1.pdf 21.60Mb PDF View/Open Bab 1
cover.pdf 21.60Mb PDF View/Open Cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record