Pengaruh Biaya Kualitas Terhadap Tingkat Profitabilitas Perusahaan (Studi Kasus Pada Divisi Tempa dan Cor PT Pindad Bandung)

Widyatama Repository

Pengaruh Biaya Kualitas Terhadap Tingkat Profitabilitas Perusahaan (Studi Kasus Pada Divisi Tempa dan Cor PT Pindad Bandung)

Show full item record

Title: Pengaruh Biaya Kualitas Terhadap Tingkat Profitabilitas Perusahaan (Studi Kasus Pada Divisi Tempa dan Cor PT Pindad Bandung)
Author: Susanto, Budi
Abstract: Perkembangan dunia industri dan bisnis pada umumnya, akhir-akhir ini tertuju kepada kebijakan bagaimana suatu produk yang dihasilkan dapat senantiasa memuaskan pelanggannya. Costumer satisfaction merupakan tujuan utama perusahaan dewasa ini. Perusahaan seakan berlomba-lomba menguasai pasar, meningkatkan profit dengan kepuasan konsumen sebagai alat perantaranya. Berbicara mengenai kepuasan tentu akan sangat erat kaitannya dengan kualitas. Sementara kualitas itu sendiri dapat diukur baik secara kuantitatif maupun non kuantitatif. Mengukur kualitas secara kuantitatif memunculkan istilah biaya kualitas. Biaya kualitas dapat diartikan sebagai sejumlah dana yang dikorbankan untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Penelitian yang berjudul PENGARUH BIAYA KUALITAS TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS PERUSAHAAN ini dilakukan untuk mengetahui sampai seberapa besar kontribusi pengaruh dari pengalokasian biaya kualitas baik secara keseluruhan maupun secara parsial, yaitu per komponen biaya kualitas yang terdiri dari biaya pencegahan, biaya penilaian, biaya kegagalan internal dan biaya kegagalan eksternal sebagai indikator finansial kinerja kualitas perusahaan terhadap profitabilitas yang diukur melalui tingkat EBIT perusahaan. Penelitian itu sendiri dilaksanakan di Divisi Tempa dan Cor PT. Pindad ( Persero ). Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sementara untuk menganalisis data, dilakukan pendekatan kuantitatif, yaitu teknik statistik inferensi untuk menguji hipotesis dengan teknik analisis regresi berganda sebagai alat bantu perhitungannya. Sampel untuk penelitian diambil dari data biaya kualitas produk Divisi Tempa dan Cor per kwartal selama tahun 1998 – 2004. Dari hasil penelitian, dapat diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y = ─2068620 + 5,527X1 + 4,108X2 + 6,083X3 ─ 10,115X4 Berdasarkan hasil perhitungan dan pengujian hipotesis, menunjukkan bahwa biaya pencegahan, biaya penilaian, biaya kegagalan internal dan biaya kegagalan eksternal secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap EBIT, yaitu sebesar 44,1% pada tingkat α = 0,05. Sementara secara parsial, hanya biaya kegagalan eksternal yang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap EBIT yaitu sebesar 29,7%. Dari hasil pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai EBIT cukup banyak dipengaruhi oleh besarnya biaya kualitas secara keseluruhan, dan perusahaan mesti memberikan perhatian yang cukup besar terhadap pengalokasian biaya-biaya tersebut karena dari hasil penelitian dan secara teori membuktikan bahwa biaya kualitas yang dikeluarkan untuk menghasilkan produk yang berkualitas, memiliki efek yang cukup besar terhadap peningkatan profit dimasa yang akan datang.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/509
Date: 2005-07-15


Files in this item

Files Size Format View Description
bab5.pdf 6.864Mb PDF View/Open Bab 5
bab4.pdf 6.864Mb PDF View/Open Bab 4
bab3.pdf 6.864Mb PDF View/Open Bab 3
bab2.pdf 6.864Mb PDF View/Open Bab 2
bab1.pdf 6.864Mb PDF View/Open Bab 1
cover.pdf 6.864Mb PDF View/Open Cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record