Pengaruh Tingkat Kecukupan Modal (Capital Adequacy Ratio) Terhadap Profitabilitas Bank (Penelitian Pada Bank-Bank Go Public Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta)

Widyatama Repository

Pengaruh Tingkat Kecukupan Modal (Capital Adequacy Ratio) Terhadap Profitabilitas Bank (Penelitian Pada Bank-Bank Go Public Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta)

Show full item record

Title: Pengaruh Tingkat Kecukupan Modal (Capital Adequacy Ratio) Terhadap Profitabilitas Bank (Penelitian Pada Bank-Bank Go Public Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta)
Author: Ginanjar, R Arif
Abstract: Krisis moneter yang terjadi sejak pertengahan tahun 1997, telah mengakibatkan krisis perbankan yang parah di Indonesia. Kondisi ini mendorong dilakukannya restrukturisasi perbankan, salah satu tumpuan program ini adalah adanya aturan tentang Rasio Kecukupan Modal (CAR) dengan tujuan agar bank dapat mengembangkan aktivanya secara aman sehingga dapat mendorong pemberdayaan bank. Tetapi manajemen bank selalu dihadapkan pada dilema, yaitu diharuskan untuk selalu menjaga tingkat likuiditas-solvabilitas dengan tingkat profitabilitas. Hal itu jadi sulit dilakukan karena dengan adanya peraturan CAR maka pihak bank tidak bebas untuk melakukan investasi guna mencapai tingkat laba yang diharapkan. Penelitian ini dilakukan terhadap bank-bank yang telah go public dan telah terdaftar di Bursa Efek Jakarta, dan sebanyak 15 bank yang dijadikan sampel pemilihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh Capital Adequacy Ratio terhadap profitabilitas bank. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan survei. Metode ini adalah penelitian yang diadakan untuk memperoleh fakta-fakta dan gejala-gejala yang ada dan mencari keterangan-keterangan secara faktual baik tentang intitusi sosial, ekonomi, atau politik dari suatu kelompok ataupun daerah, didukung dengan studi literatur atau studi kepustakaan untuk menguji hipotesis yang ada dengan menggunakan statistik uji t dengan α = 0,05 dan df = n-2. Dari hasil analisis diperoleh hasil persamaan regresi linear sederhana dengan menggunakan metode ordinary least square hasilnya sebesar Y = 2,9 + 0,14x, analisis korelasi pearson sebesar 0,41 dan nilai koefisien determinasi sebesar 16,81% yang artinya Capital Adequacy Ratio (CAR) mempunyai pengaruh sebesar 16,81% terhadap tingkat Profitabilitas bank dan sisanya sebesar 83,19% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam skripsi ini. Berdasarkan statistik uji t yang dilakukan dengan α = 0,05 dan df = n-2 menunjukkan bahwa nilai 1,6 < 2,160 ,thitung < ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR) tidak mempunyai pengaruh yang positif terhadap profitabilitas bank.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/507
Date: 2007-03


Files in this item

Files Size Format View Description
bab5.pdf 340.2Kb PDF View/Open Bab 5
bab4.pdf 545.7Kb PDF View/Open Bab 4
bab3.pdf 627.0Kb PDF View/Open Bab 3
bab2.pdf 941.9Kb PDF View/Open Bab 2
bab1.pdf 953.5Kb PDF View/Open Bab 1
cover.pdf 440.5Kb PDF View/Open Cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record