Hubungan Antara Penerapan Sistem Pengendalian Mutu KAP Dengan Efektivitas Perencanaan Audit (Persepsi Auditor Pada 20 KAP Di Bandung)

Widyatama Repository

Hubungan Antara Penerapan Sistem Pengendalian Mutu KAP Dengan Efektivitas Perencanaan Audit (Persepsi Auditor Pada 20 KAP Di Bandung)

Show full item record

Title: Hubungan Antara Penerapan Sistem Pengendalian Mutu KAP Dengan Efektivitas Perencanaan Audit (Persepsi Auditor Pada 20 KAP Di Bandung)
Author: Liliawati
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa penerapan sistem pengendalian mutu kantor akuntan publik, mempunyai hubungan positif dengan efektivitas perencanaan audit. Indikator sistem pengendalian mutu kantor akantuan publik yang digunakan berpedoman pada Peryataan Standar Pengendalian Mutu (PSPM) No.1, sedangkan indikator yang digunakan untuk menilai efektivitas perencanaan audit mengacu pada Arens & loebbecke dalam bukunya Auditing An Integrated Approach. Metode penelitan yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan survei, dan analisis data mengunakan statistik nonparametik. Data yang terkumpul di peroleh melalui penyebaran kuesioner dengan responden para manajer dan supervisior pada 20 Kantor Akuntan Publik di Bandung yang terdaftar pada Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Pengujian hipotesis mengunakan uji signifikansi koefisien korelasi Rank Spearman, menunjukan bahwa nilai rs hitung sebesar 0.771 lebih besar dari nilai kritisnya atau rs tabel sebesar 0.377 dengan n=20 dan α =5 %. Hal ini berarti bahwa penerapan sistem pengendalian mutu Kantor Akuntan Publik mempunyai hubungan yang positif dengan efektivitas perencanaan audit. Jika sistem pengendalian mutu diterapkan dengan baik, maka perencanaan audit akan lebih efektif. Sehubungan dengan hasil penelitian ini, maka pihak Kantor Akuntan Publik disarankan untuk dapat lebih baik lagi dalam menerapkan sistem pengendalian mutu auditnya yang akan meningkatkan efektivitas perencanaan audit, sehingga hasil yang di capai dapat lebih baik, di mana hal ini dapat menunjang bagi tahap proses audit selanjutnya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/504
Date: 2006-03


Files in this item

Files Size Format View Description
dafpust.pdf 240.2Kb PDF View/Open Daftar Pustaka
bab5.pdf 283.7Kb PDF View/Open Bab 5
bab4.pdf 744.6Kb PDF View/Open Bab 4
bab3.pdf 1.168Mb PDF View/Open Bab 3
bab2.pdf 2.900Mb PDF View/Open Bab 2
bab1.pdf 3.387Mb PDF View/Open Bab 1
cover.pdf 3.566Mb PDF View/Open Cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record