Peranan Audit Internal Di Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Kredit Investasi (Studi Kasus Pada PT Bank Nasional Indonesia 46 (persero) Cabang Asia Afrika Bandung)

Widyatama Repository

Peranan Audit Internal Di Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Kredit Investasi (Studi Kasus Pada PT Bank Nasional Indonesia 46 (persero) Cabang Asia Afrika Bandung)

Show full item record

Title: Peranan Audit Internal Di Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Kredit Investasi (Studi Kasus Pada PT Bank Nasional Indonesia 46 (persero) Cabang Asia Afrika Bandung)
Author: Pribowo, Akbar
Abstract: Audit internal merupakan pengawasan yang ada di bank, yang dapat membantu dalam proses pencapaian tujuan. Fungsi ini membantu manajemen dalam proses pengendalian internal operasional bank yang rentan terhadap berbagai resiko tertentu. Bagi bank, audit internal ini merupakan proses yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dengan pengendalian internal pengelolaan kredit investasi. Hal ini dapat disebabkan karena pengendalian kredit investasi mempunyai tujuan agar resiko dalam pengelolaan kredit investasi dapat diminimalisir, sehingga tujuan kredit dapat tercapai baik dari segi safety maupun dari segi keuntungan yang didapat dengan adanya pemberian kredit investasi tersebut. Berdasarkan uraian diatas, maka penulis menyusun skripsi yang berjudul “Peranan Audit Internal di Dalam Menunjang Efektifitas Pengendalian Internal Kredit Investasi” (Studi kasus di PT. Bank Nasional Indonesia 46 (Persero) Cabang Asia Afrika-Bandung). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang efektifitas audit intenal, efektifitas pengendalian internal kredit investasi dan bagaimana peranan audit internal di dalam menunjang efektifitas pengendalian kredit investasi.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, dimana data yang didapatkan oleh penulis dianalisis dan dibandingkan dengan sejumlah teori yang ada. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menarik kesimpulan secara keseluruhan berdasarkan analisis statistik bahwa efektivitas audit internal kredit investasi di PT. Bank Nasional Indonesia 46 (Persero) Cabang Asia Afrika-Bandung) dan efektivitas pengendalian internal kredit investasi telah efektif sebesar 77,42% dan 76,77% sehingga peranan audit internal di dalam menunjang efektivitas pengendalian internal kredit investasi telah berperan sebesar 82% maka hipotesis yang dikemukakan oleh penulis yaitu Apabila audit internal dilaksanakan dengan memadai, maka akan berperan di dalam menunjang efektivitas pengendalian internal kredit investasi” dapat diterima. Adapun kekurangan yang terlihat yaitu masih perlu pembinaan terhadap objek yang diaudit khususnya bagian yang berkaitan dengan pengelolaan kredit investasi tentang pentingnya pemeriksaan yang dilakukan oleh SKAI, sehingga dapat membantu di dalam proses audit.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/501
Date: 2007-03


Files in this item

Files Size Format View
0101216.pdf 3.599Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record