Analisis Keefektifan dan Keefensiensian Pembayaran Telefon Secara On Line Payment Point Dengan Menggunakan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Pengolahan Data Elektronik (Studi Kasus Pada PT Telekomunikasi, Tbk)

Widyatama Repository

Analisis Keefektifan dan Keefensiensian Pembayaran Telefon Secara On Line Payment Point Dengan Menggunakan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Pengolahan Data Elektronik (Studi Kasus Pada PT Telekomunikasi, Tbk)

Show full item record

Title: Analisis Keefektifan dan Keefensiensian Pembayaran Telefon Secara On Line Payment Point Dengan Menggunakan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Pengolahan Data Elektronik (Studi Kasus Pada PT Telekomunikasi, Tbk)
Author: Sihombing, Endang S
Abstract: PT Telkom (Persero) merupakan badan penyelenggara jasa telekomunikasi publik didalam negeri yang menyediakan jaringan pelayanan jasa telekomunikasi publik (Public swith telephone network) di Indonesia. Diketahui pada Perusahaan Telekomunikasi Indonesia kontribusi terbesar berasal dari biaya pemakaian telepon. Oleh karena itu proses pembayaran rekening yang menggunakan SOPP adalah proses yang sangat perlu diperhatikan demi kelancaran pemasukan pendapatan. Agar lancar, perlu adanya PDE yang memadai terhadap proses tersebut, mulai dari proses awal periode pembayaran sampai dengan proses terakhir yaitu proses penggandaan dan pengembalian. Adapun PDE itu sendiri tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak didukung dengan sistem informasi yang memadai pula. Pelaksanaan sistem informasi akuntansi yang didukung oleh PDE yang baik diharapkan dapat meningkatkan, mengefektifkan proses pembayaran rekening telepon yang menggunakan SOPP. Sehingga PDE yang fungsinya sebagai pengolah data merupakan salah satu alat atau sarana untuk menyediakan sistem informasi yang berfungsi memberikan bantuan kepada manajemen atau pimpinan perusahaan dengan dengan menyediakan informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan, baik untuk aktivitas perencanaan, pengkoordinasian maupun aktivitas pengoperasian. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembayaran telepon secara on-line payment point dengan menggunakan Sistem Informasi Akuntansi berbasis Pengolahan Data Elektronik telah efektif dan efisien Adapun yang menjadi objek penelitian pada skripsi ini adalah KANDATEL Rajawali yang melaksanakan proses pembayaran rekening telepon menggunakan SOPP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus dengan pendekatan verifikatif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa pembayaran telepon secara on-line payment point menggunakan sistem informasi akuntansi berbasis pengolahan data elektronik telah efektif dan efisien pada Kandatel Rajawali.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/500
Date: 2006-03


Files in this item

Files Size Format View
0101205.pdf 2.398Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record