Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Anggota Koperasi Karyawan Omedata (K2O) Di PT Omedata Elektronik Bandung

Widyatama Repository

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Anggota Koperasi Karyawan Omedata (K2O) Di PT Omedata Elektronik Bandung

Show full item record

Title: Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Anggota Koperasi Karyawan Omedata (K2O) Di PT Omedata Elektronik Bandung
Author: Rusandi, Edi
Abstract: Edi Rusandi, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Anggota Koperasi Karyawan Omedata (K2O) di PT Omedata Electronics Bandung”. Pembimbing : Prof. Dr. H. Sutaryo Salim, SE. dan Dr. Yuyus Suryana ,SE.,MS. Indonesia yang sedang dalam era pembangunan perekonomian menuntut semua pelaku ekonomi untuk bekerja keras agar bisa mengikuti globalisasi ekonomi. Hal ini juga termasuk koperasi. Di dalam masyarakat, koperasi dapat kita golongkan ke dalam tiga macam, yaitu Koperasi Konsumsi, Koperasi Kredit, dan Koperasi produksi. Koperasi Karyawan Omedata (K2O) yang anggotanya sebagai pemilik sekaligus sebagai pelanggan, berdiri untuk memenuhi kebutuhan pokok karyawan. Namun demikian masih ada karyawan yang belum memanfaatkan keberadaan koperasi, juga target penjualan yang belum tercapai. Penelitian dilakukan untuk mengetahui mengapa hal tersebut terjadi melalui pendekatan kualitas pelayanan dan pengaruhnya terhadap loyalitas anggota. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana penilaian anggota terhadap kualitas pelayanan K2O, bagaimana harapan anggota terhadap kualitas pelayanan K2O, bagaimana loyalitas anggota K2O, dan bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas anggota K2O. Pembahasan hasil penelitian yang dilakukan adalah menggunakan analisis deskriftif dan verifikatif, dengan metode penelitian survai menggunakan kuestioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian anggota terhadap kualitas pelayanan K2O untuk dimensi tangible kategorinya cukup, dimensi reliability kategorinya baik sekali, dimensi responsiveness kategorinya baik, dimensi assurance kategorinya baik sekali, dimensi emphaty kategorinya baik. Secara umum masing-masing dimensi kualitas pelayanan sangat diharapkan anggota masuk ke dalam kategori baik sekali. Loyalitas anggota koperasi masuk ke dalam kategori cukup. Secara simultan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas anggota. Secara parsial hanya dimensi kualitas pelayanan Tangible, Reliability dan Emphaty yang berpengaruh terhadap loyalitas anggota.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/499
Date: 2004-10


Files in this item

Files Size Format View
1400013.pdf 5.396Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

  • Management [126]
    Koleksi Digital Tesis Program MM

Show full item record