Pengaruh Informasi Perspektus Perusahaan Terhadap Initial Return Pada Penawaran Saham Perdana Studi Kasus pada Bank-Bank Umum yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta Tahun 1996-2003

Widyatama Repository

Pengaruh Informasi Perspektus Perusahaan Terhadap Initial Return Pada Penawaran Saham Perdana Studi Kasus pada Bank-Bank Umum yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta Tahun 1996-2003

Show full item record

Title: Pengaruh Informasi Perspektus Perusahaan Terhadap Initial Return Pada Penawaran Saham Perdana Studi Kasus pada Bank-Bank Umum yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta Tahun 1996-2003
Author: Setianingrum, Tia
Abstract: Pasar modal merupakan sumber pembiayaan dunia usaha dan alternatif investasi pada sektor sekuritas bagi pemodal. Initial Public Offering (IPO) terjadi untuk perusahaan yang baru pertama kali menerbitkan dan menjual sekuritasnya ke publik atau belum mempunyai sekuritas yang beredar di pasar modal. Ada dua kemungkinan penawaran harga-harga di pasar perdana, yaitu apakah emiten tersebut overpricing atau underpricing. Jika underpricing terjadi yaitu harga saham perdana lebih kecil dari pada harga yang terjadi pada saat saham tersebut mulai diperdagangkan dipasar sekunder, maka investor berkesempatan memperoleh initial return.Pada penelitian ini initial return merupakan proksi dari keputusan investasi, yaitu selisih antara harga penawaran dengan harga penutupan dipasar sekunder pada hari pertama. Harga saham perdana seharusnya mencerminkan informasi yang tersedia. Informasi tersebut disusun dalam bentuk prospektus perusahaan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini mengambil judul “Pengaruh Informasi Prospektus Perusahaan terhadap Initial Return pada Penawaran Saham Perdana” studi kasus pada Bank-bank Umum yang terdaftar di Bursa Efek jakarta Periode 1996-2003.Informasi prospektus pada penelitian ini terdiri dari informasi akuntansi dan informasi non-akuntansi. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, dan untuk perhitungannya menggunakan program Eviews. Hipotesis diuji dengan menggunakan Uji F dan uji t dengan derajat signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi prospektus akuntansi yang diukur dengan return on asset, total debt to equity, dan total debt to total asset serta informasi non akuntansi yang diukur dengan persentase penawaran saham, umur perusahaan, reputasi auditor, dan reputasi penjamin emisi secara bersamaan berpengaruh secara signifikan terhadap initial return .Sedangkan hasil uji t menunjukkan bahwa total debt to total asset, persentase penawaran saham dan umur perusahaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap initial return.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Informasi prospektus merupakan salah satu sumber informasi yang relevan dan dapat digunakan untuk menilai perusahaan dan membuat keputusan investasi. Informasi prospektus akuntansi memberikan gambaran kinerja keuangan perusahaan yang merupakan informasi penting bagi investor untuk pengambilan keputusan investasi. Kinerja keuangan yang baik akan menarik lebih banyak investor untuk melakukan investasi sehingga permintaan akan saham perusahaan meningkat. Sedangkan informasi non akuntansi memberikan gambaran bahwa keterlibatan pihak-pihak atau lembaga yang professional seperti auditor dan underwriter akan memberikan sinyal kualitas emiten untuk memberikan jaminan kepada investor akan kebenaran informasi prospektus perusahaan untuk pengambilan keputusan investasi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/496
Date: 2005-02


Files in this item

Files Size Format View
1404006.pdf 4.099Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

  • Management [108]
    Koleksi Digital Tesis Program MM

Show full item record