Manfaat Analisis Auditor Internal Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan Barang-Barang Kebutuhan Konsumen (Consumer Goods) (Studi Kasus pada PT Marketama Indah Jakarta)

Widyatama Repository

Manfaat Analisis Auditor Internal Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan Barang-Barang Kebutuhan Konsumen (Consumer Goods) (Studi Kasus pada PT Marketama Indah Jakarta)

Show full item record

Title: Manfaat Analisis Auditor Internal Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan Barang-Barang Kebutuhan Konsumen (Consumer Goods) (Studi Kasus pada PT Marketama Indah Jakarta)
Author: Christiana
Abstract: Semakin besar lingkungan suatu perusahaan, maka akan semakin besar pula tanggung jawab yang dipikul oleh seorang pemimpin. Oleh sebab itu, seorang pemimpin dalam mengawasi dan mengendalikan aktivitas perusahaan harus mendelegasikan sebagian wewenangnya kepada bawahan. Banyak kendala yang timbul dalam penyampaian informasi kegiatan yang didelegasikan kepada bawahan, sehingga dibutuhkan suatu bagian yang sifatnya independen. Bagian ini disebut sebagai audit internal. Kegiatan penjualan memerlukan suatu pengendalian intern yang memadai. Agar pelaksanaannya tidak menyimpang dari kebijakan dan prosedur yang telah ditetapkan, maka diperlukan suatu audit internal. Audit internal ini apabila dilaksanakan dengan baik akan dapat menunjang efektivitas pengendalian intern penjualan. Peran dari auditor internal menjadi bagian yang penting untuk mencapai hal ini. PT. Marketama Indah Jakarta yang berkedudukan di Kawasan ndustri Pulogadung Jl. Rawa Sumur III Blok DD No.13 Jakarta merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan barang-barang konsumen (Cunsomer Goods). Dalam menjalankan aktivitas penjualan barang-barang konsumen , PT. Marketama Indah juga menggunakan analisis audit internal yang dilakukan oleh sekelompok auditor internal. Pada penelitian ini penulis akan melihat dan menilai manfaat analisis auditor internal dalam menunjang efektivitas Pengendalian Intern penjualan barang-barang kebutuhan konsumen. Oleh sebab itu penulis melakukan pengamatan langsung dan penyebaran kuesioner kepada pihak yang terlibat dalam penjualan barang-barang kebutuhan konsumen di PT. Marketama Indah. Dari hasil penelitian diperoleh nilai persentase keefektivan analisis auditor internal sebesar 84,53% dan nilai persentase keefektivan pelaksanaan pengendalian internal atas penjualan sebesar 83,92%. Serta nilai persentase keefektivan manfaat analisis auditor internal dalam menunjang efektivitas pengendalian intern penjualan sebesar 100%. Oleh karena itu, analisis auditor internal pada PT. Marketama Indah Jakarta sangat bermanfaat dalam menunjang efektivitas pengendalian intern penjualan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/491
Date: 2005-04


Files in this item

Files Size Format View
0101065.pdf 14.38Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record