Peranan Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Bahan Baku Dalam Menunjang Kelancaran Proses Produksi (Studi Kasus Pada PT X)

Widyatama Repository

Peranan Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Bahan Baku Dalam Menunjang Kelancaran Proses Produksi (Studi Kasus Pada PT X)

Show full item record

Title: Peranan Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Bahan Baku Dalam Menunjang Kelancaran Proses Produksi (Studi Kasus Pada PT X)
Author: Rizki, Ahmad F
Abstract: Penelitian ini ditekankan pada permasalahan sistem informasi akuntansi persediaan bahan baku berperan dalam menunjang kelancaran proses produksi. Permasalahan ini dapat diatasi dengan sistem informasi akuntansi persediaan bahan baku yang memadai dalam menunjang kelancaran proses produksi. Dalam melakukan penelitian, objek penelitian yang penulis pilih adalah PT. X yang berlokasi di Jl. Asia-Afrika No.77 Bandung. PT. X merupakan perusahaan yang bergerak di bidang media cetak atau surat kabar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari sistem informasi akuntansi persediaan bahan baku yang diterapkan pada perusahaan, mengetahui kelancaran proses produksi perusahaan, dan mengetahui peranan sistem informasi akuntansi persediaan bahan baku dalam menunjang kelancaran proses produksi. Penulis mengambil suatu hipotesis yaitu “Sistem informasi akuntansi persediaan bahan baku yang diterapkan secara memadai dapat menunjang kelancaran proses produksi”. Hipotesis ini diuji dengan menggunakan metode penelitian dengan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, wawancara, observasi, dan penelitian kepustakaan. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi akuntansi persediaan bahan baku telah memadai dapat dilihat dari unsur-unsur sistem informasi akuntansi persediaan bahan baku yaitu formulir-formulir dan catatan-catatan, alat dan tenaga pelaksana, serta laporan-laporan yang telah memadai. Begitu pula dengan pelaksanaan proses produksi telah lancar, dilihat dari tercapainya unsur-unsur kelancaran proses produksi dan tercapainya pengendalian internal proses produksi. Dalam pembahasan penulis menemukan beberapa kelemahan dalam proses produksi yang dilaksanakan oleh perusahaan. Namun kelemahan tersebut tidak terlalu besar pengaruhnya bagi kelancaran aktivitas produksi PT. X. Sehingga dapat ditarik simpulan sistem informasi akuntansi persediaan bahan baku telah diterapkan secara memadai dan sistem informasi akuntansi persediaan bahan baku telah berperan dalam menunjang kelancaran proses produksi. Penulis juga memberikan saran sebaiknya Terdapat pengawasan fisik berkala oleh badan pengawas produksi pada surat kabar yang telah dicetak dan adanya studi kelayakan pada bahan baku kertas oleh seksi analisa bahan baku produksi, sehingga kertas yang digunakan dalam proses produksi benar-benar memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan oleh mesin baru.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/487
Date: 2006-12


Files in this item

Files Size Format View
0101034.pdf 2.794Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record