Manfaat Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Bantu Bagi Manajemen Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Biaya Pemasaran (Studi Kasus pada PT. PLN Unit Bisnis Distribusi Jabar dan Banten)

Widyatama Repository

Manfaat Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Bantu Bagi Manajemen Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Biaya Pemasaran (Studi Kasus pada PT. PLN Unit Bisnis Distribusi Jabar dan Banten)

Show full item record

Title: Manfaat Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Bantu Bagi Manajemen Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Biaya Pemasaran (Studi Kasus pada PT. PLN Unit Bisnis Distribusi Jabar dan Banten)
Author: Weharima, Aria
Abstract: Dalam era perdagangan bebas di lingkungan ASEAN Free Trade Area ( AFTA ) pada tahun 2003 dan dilanjutkan pada tahun 2020 bagi seluruh negara berkembang anggota APEC (Asia Pacific Economi Cooperation) setiap perusahaan saling bersaing dengan perusahaan internasional selain perusahaan domestik. Agar dapat bersaing maka dalam melaksanakan operasinya setiap perusahaan menerapkan good corporate governance yang merupakan suatu kerangka yang dapat digunakan untuk meningkatkan profesionalisme perusahaan. Dengan diterapkannya good corporate governance, maka manajemen akan terbantu dalam upaya memantau peningkatan perkembangan kinerja dan nilai perusahaan. Seorang manajer diharapkan dapat mengendalikan perusahaan secara baik dan salah satu alat bantu yang dapat digunankan adalah dengan menerapkan akuntansi pertanggungjawaban, yaitu suatu sistem akuntansi yang mengumpulkan dan melaporkan kegiatan perusahaan sesuai dengan pusat – pusat pertanggungjawaban dengan tujuan agar dapat ditunjuk orang atau sekelompok orang yang bertanggung jawab. Penulis melakukan penelitian pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten, yaitu suatu perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan penyediaan jasa dan pengembangan teknologi kelistrikan. Dalam penyusunan skripsi ini penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan penelitian melalui studi kasus dan metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan melakukan metode observasi, wawancara, penyebaran kuesioner dan studi literatur. Metode pengujian hipotesis yang digunakan penulis adalah dengan menggunakan metode succesive interval yang dikemukakan oleh Pearson. Dengan menggunakan bantuan software analisis data statistik STATS 6.0 untuk mengkonversi dan melakukan perhitungan dan analisa data ordinal ke dalam bentuk interval kemudian diperoleh angka korelasi Pearson sebesar 0,6616 (66,16%) yang menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara manfaat akuntansi pertanggungjawaban terhadap efektivitas pengendalian biaya pemasaran. Kemudian kekuatan hubungan ini diuji dengan membandingkan antara nilai thitung dengan ttabel yang kemudian didapati bahwa nilai thitung >ttabel (5,66>2,01) yang bila mengikuti kaidah Pearson berarti hipotesis yang diajukan penulis yaitu “Bila akuntansi pertanggungjawaban dilaksanakan dan dimanfaatkan secara memadai, maka pengendalian biaya pemasaran akan efektif” terbukti. i Kesimpulan yang diperoleh penulis pada penelitian di PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten adalah penerapan akuntansi pertanggungjawaban di PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten bermanfaat dalam menunjang efektivitas biaya pemasaran.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/483
Date: 2006-03


Files in this item

Files Size Format View
0100304.pdf 4.559Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record