Analisis Model Penciptaan Nilai (Value Creation) Dengan Mempertimbangkan Perbaikan Proses Bisnis Untuk Meningkatkan Keunggulan Daya Saing Berkelanjutan Di Pos Express PT Pos Indonesia

Widyatama Repository

Analisis Model Penciptaan Nilai (Value Creation) Dengan Mempertimbangkan Perbaikan Proses Bisnis Untuk Meningkatkan Keunggulan Daya Saing Berkelanjutan Di Pos Express PT Pos Indonesia

Show full item record

Title: Analisis Model Penciptaan Nilai (Value Creation) Dengan Mempertimbangkan Perbaikan Proses Bisnis Untuk Meningkatkan Keunggulan Daya Saing Berkelanjutan Di Pos Express PT Pos Indonesia
Author: Zamalludin
Abstract: Dalam persaingan dunia usaha yang semakin tinggi saat ini, perusahaan harus dapat mengembangkan dan menciptakan nilai-nilai baru atau inovasi untuk dapat bertahan dalam persaingan, antara lain dengan menciptakan nilai melalui Perbaikan Proses Bisnisnya. Penciptaan Nilai adalah penambahan nilai baru terhadap kegiatan individu atau kelompok untuk menghasilkan produk/jasa yang lebih cepat, lebih tepat, lebih efisien, lebih bermutu, lebih responsif, dan lebih fleksibel. Sedangkan Proses Bisnis adalah cara yang lebih baik untuk mendeliver atau menyampaikan barang dan jasa kepada pelanggan. Proses bisnis dibagi menjadi empat dimensi, yaitu : Kompetensi Pegawai, Proses Kerja, Pemanfaatan Teknologi, dan Rumusan Strategi. Penelitian ini difokuskan pada dimensi Proses Bisnis sebagai faktor yang berpengaruh terhadap Penciptaan Nilai dan Keunggulan Daya Saing Berkelanjutan. Proses Bisnis mempengaruhi Penciptaan Nilai dan Keunggulan Daya Saing Berkelanjutan, kemudian Penciptaan Nilai mempengaruhi Keunggulan Daya Saing Berkelanjutan. Dalam penelitian ini sarana yang digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung dengan responden adalah kuesioner. Responden yang menjadi objek penelitian ini adalah pegawai dan pelanggan (konsumen korporat) Pos Express PT Pos Indonesia. Pos Express merupakan salah satu produk unggulan dari PT Pos Indonesia yang sedang berkembang pesat dan sedang bersaing ketat dengan perusahaan sejenis. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Jalur yang digunakan untuk menentukan besarnya pengaruh suatu variabel ataupun beberapa variabel terhadap variabel lainnya baik pengaruh yang sifatnya langsung atau tidak langsung. Dari hasil Analisis Jalur di dapat bahwa faktor yang paling dominan dalam dimensi Proses Bisnis adalah Proses Kerja dan Pemanfaatan Teknologi yang berkontribusi tinggi terhadap Penciptaan Nilai, sementara Kompetensi Pegawai dan Rumusan Strategi belum mempunyai berkontribusi terhadap Penciptaan Nilai yang berimplikasi terhadap Keunggulan Daya Saing Berkelanjutan di Pos Exprees PT Pos Indonesia.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/457
Date: 2006-12


Files in this item

Files Size Format View
0502019.pdf 13.05Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record