Peranan Analisis Laporan Keuangan Perusahaan Dalam Menunjang Efektivits Pemberian Kredit (Studi Kasus pada PT BRI Cab Sekayu)

Widyatama Repository

Peranan Analisis Laporan Keuangan Perusahaan Dalam Menunjang Efektivits Pemberian Kredit (Studi Kasus pada PT BRI Cab Sekayu)

Show full item record

Title: Peranan Analisis Laporan Keuangan Perusahaan Dalam Menunjang Efektivits Pemberian Kredit (Studi Kasus pada PT BRI Cab Sekayu)
Author: Pramadian, Doris
Abstract: Bank sebagai salah satu lembaga di bidang jasa keuangan, selain berfungsi sebagai penampung dana masyarakat, juga berfungsi sebagai penyalur dana dalam bentuk kredit yang diberikan kepada masyarakat atau badan usaha berupa pinjaman dana atau tambahan modal untuk kelancaran usahanya. Dalam memberikan kredit pada calon debitur, Bank harus berhati-hati agar kredit diberikan dapat dikembalikan tepat pada waktunya desertai dengan bunga pinjaman yang telah ditetapkan. Salah satu strategi untuk menyeleksi setiap permohonan kredit adalah dengan melaksanakan analisis laporan keuangan terhadap laporan keuangan perusahaan calon debitur untuk mengetahui keadaan keuangannya. Dengan penerapan analisis laporan keuangan ini, Bank dapat memperoleh keyakinan apakah kredit yang diberikan akan dikembalikan tepat pada waktunya disertai bunga pinjaman, atau sebaliknya. Dengan alasan di atas, penulis mengadakan penelitian yang delakukan di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Sekayu, yang merupakan salah satu Bank milik negara. Penelitian ini dilakukan mulai bulan Agustus 2003 sampai dengan selesai. Objek penelitiannya adalah peranan analisis laporan keuangan perusahaan dalam menunjang efektivitas pemberian kredit. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui penerapan analisis laporan keuangan perusahaan di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Sekayu. 2. Untuk mengetahui keefektifan pemberian kredit yang dilakukan di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Sekayu. 3. Untuk mengetahui peranan analsis laporan keuangan perusahaan dalam menunjang efektivitas pemberian kredit. Metodologi penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus, sedangkan untuk memperoleh data dilakukan penelitian lapangan berupa wawancara, observasi, dan kuesioner. Selain itu juga dilakukan penelitian kepustakaan. Untuk membuktikan hipotesisnya digunakan metode persentase Champion. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Sekayu dalam menerapkan analisis laporan keuangan telah memadai, sehingga analisis laporan keuangan sangat berperan dalam menunjang efektivitas pemberian kredit. Hal ini dapat dilihat dari persentase jawaban kuesioner sebesar 90,9%. Jadi hipotesis yang penulis kemukakan, yaitu: “Analisis laporan keuangan perusahaan yang memadai berperan dalam menunjang efektivitas pemberian kredit” dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/455
Date: 2004-03


Files in this item

Files Size Format View
0199375.pdf 2.458Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record