Peranan Pengolahan Data Elektronik Terhadap Sistem Pengendalian Internal Piutang (Studi Kasus Pada PT PLN Unit Bisnis Distribusi Bandung Timur)

Widyatama Repository

Peranan Pengolahan Data Elektronik Terhadap Sistem Pengendalian Internal Piutang (Studi Kasus Pada PT PLN Unit Bisnis Distribusi Bandung Timur)

Show full item record

Title: Peranan Pengolahan Data Elektronik Terhadap Sistem Pengendalian Internal Piutang (Studi Kasus Pada PT PLN Unit Bisnis Distribusi Bandung Timur)
Author: Asiana, Eva
Abstract: Dalam era globalisasi ini, teknologi menjadi sangat penting diterapkan dalam segala bidang. Kebijakan pemerintah mengarahkan agar Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk dapat mandiri dalam mengelola perusahaannya. Kegiatan BUMN membantu pertumbuhan ekonomi dan usaha untuk mewujudkan perekonomian yang mandiri dan tangguh. Untuk menghadapi persaingan dalam pertumbuhan ekonomi dewasa ini BUMN dituntut untuk lebih meningkatkan teknologinya dalam semua bidang. Salah satu usaha untuk menghadapi tantangan tersebut adalah dengan meningkatkan teknologi canggih yang up to date. Berdasarkan pemikiran di atas, penulis mencoba melakukan penelitian pada PT PLN (persero) Unit Bisnis Distribusi Bandung Timur sebagai salah satu BUMN terutama mengenai peranan pengolahan data elektronik terhadap sistem pengendalian internal piutang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kememadaian pengolahan data elektronik dan untuk mengetahui kememadaian sistem pengendalian internal piutang yang diterapkan oleh PT PLN (persero) Unit Bisnis Distribusi Bandung Timur. Metodologi penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis yaitu metode penelitian dengan mengumpulkan data sesuai dengan keadaan sebenarnya serta memberikan gambaran dan analisis mengenai masalah yang ada. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, penyebaran kuesioner dan penelitian kepustakaan. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pengolahan data elektronik sangat berperan terhadap sistem pengendalian internal piutang, hal ini sesuai dengan hasil pengujian hipotesis dari kuesioner dihasilkan 81,07% yang artinya menunjukan tingkat kesesuaian sesuai dengan kesimpulan menurut Champion, yaitu tingkat kesesuaian antara 76%-100% maka terdapat hubungan yang positif antara pengolahan data elektronik dengan kememadaian sistem pengendalian internal piutang. Perusahaan perlu mempertimbangkan tentang sumber daya manusia (brainware) untuk bagian pengolahan data, harus lebih ditekankan pada orang-orang yang mengerti tentang komputer dan aplikasinya. Selain itu konfirmasi atas saldo piutang juga harus dipertimbangkan untuk kepuasan pelanggan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/451
Date: 2006-04


Files in this item

Files Size Format View
0102304.pdf 3.146Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record