analisis Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Perusahaan Pada Kelompok Industri Rokok (Studi Survei Pada Kelompok Industri Rokok)

Widyatama Repository

analisis Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Perusahaan Pada Kelompok Industri Rokok (Studi Survei Pada Kelompok Industri Rokok)

Show full item record

Title: analisis Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Perusahaan Pada Kelompok Industri Rokok (Studi Survei Pada Kelompok Industri Rokok)
Author: Kusumadiyanto, Andra
Abstract: Perkembangan dunia usaha pada saat ini sangat pesat, banyak bermunculannya perusahaan sejenis, mengakibatkan semakin ketatnya persaingan. Oleh karena itu, manajemen perusahaan dituntut untuk melaksanakan aktivitasnya secara lebih efisien dan efektif. Agar dapat bertahan atau bahkan mampu berkembang dalam persaingan tersebut, perusahaan harus mencermati kondisi dan kinerja perusahaan. Untuk mengetahui kinerja perusahaan, maka diperlukan suatu analisis yang tepat. Dan media yang dapat dipakai untuk menilai kinerja perusahaan adalah laporan keuangan. Tujuan dilakukannya penelitian dengan obyek kelompok industri rokok yang terdiri dari PT Gudang Garam Tbk, Bentoel Investama Tbk, dan PT HM Sampoerna Tbk, yang dituangkan dalam skripsi ini, adalah untuk mengetahui kinerja perusahaan pada kelompok industri rokok. Langkah-langkah yang dilakukan dalam memperoleh data, dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif analitis, yaitu dengan cara melakukan penelitian lapangan ke Pojok Bursa Efek Jakarta ITB dan PT Semesta Indovest Securities. Selain itu, juga digunakan metode kepustakaan, yaitu dengan cara mempelajari buku-buku yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Adapun analisis laporan keuangan dilakukan dengan menggunakan analisis rasio. Hasil analisis dari laporan keuangan kelompok industri rokok, menunjukkan adanya penurunan kinerja perusahaan. Pada tahun 2004, semua perusahaan mengalami penurunan kinerja, hal ini mungkin disebabkan kondisi perekonomian yang belum stabil sehingga menyebabkan harga-harga barang meningkat dan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan dengan meningkatnya beban usaha. Dan pada tahun 2005, perusahaan yang telah berhasil memperbaiki kinerja perusahaannya adalah PT Bentoel Investama Tbk.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/450
Date: 2006-10


Files in this item

Files Size Format View
0102234.pdf 1.890Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record