Peranan Pengendalian Internal dalam Menunjang Efektivitas Sistem Pemberian Kredit Usaha Kecil dan Menengah (Studi Kasus pada Koperasi Simpan Pinjam Artha Jaya Sentosa Jakarta)

Widyatama Repository

Peranan Pengendalian Internal dalam Menunjang Efektivitas Sistem Pemberian Kredit Usaha Kecil dan Menengah (Studi Kasus pada Koperasi Simpan Pinjam Artha Jaya Sentosa Jakarta)

Show full item record

Title: Peranan Pengendalian Internal dalam Menunjang Efektivitas Sistem Pemberian Kredit Usaha Kecil dan Menengah (Studi Kasus pada Koperasi Simpan Pinjam Artha Jaya Sentosa Jakarta)
Author: Marbun, Anderson
Abstract: Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum Koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip Koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan. Salah satu jenis koperasi adalah koperasi simpan pinjam yang kegiatannya adalah menghimpun dana dan menyalurkannya melalui kegiatan usaha simpan pinjam dari dan untuk anggota koperasi yang bersangkutan, calon anggota koperasi yang bersangkutan, koperasi lain dan atau anggotanya. Kegiatan utama dari koperasi simpan pinjam adalah pemberian kredit kepada usaha kecil dan menengah. Aktivitas pemberian kredit merupakan aktivitas utama yang ada pada Koperasi Simpan Pinjam Artha Jaya Sentosa. Masalah keamanan kredit merupakan masalah yang harus diperhatikan, karena adanya risiko yang mungkin timbul dalam sistem pemberian kredit dan kemungkinan akan mengakibatkan macetnya kredit yang diberikan kepada nasabah yang berakibat buruk terhadap kelangsungan hidup operasional koperasi. Pengendalian internal yang memadai berkaitan erat dengan efektivitas sistem pemberian kredit sebab pengendalian internal yang tidak diterapkan secara memadai turut mempengaruhi efektivitas sistem pemberian kredit. Penulis melakukan penelitian terhadap sistem pemberian kredit pada Koperasi Simpan Pinjam Artha Jaya Sentosa. Tujuan penelitian ini untuk menelaah bagaimana efektivitas penerapan pengendalian internal, bagaimana mekanisme sistem pemberian kredit, dan bagaimana peranan pengendalian internal dalam menunjang efektivitas sistem pemberian kredit usaha kecil dan menengah. Sedangkan hipotesis yang diajukan adalah “Pengendalian internal yang memadai akan berperan dalam menunjang efektivitas sistem pemberian kredit usaha kecil dan menengah.” Hasil penelitian yang dilakukan, penulis memperoleh gambaran mengenai efektivitas penerapan pengendalian internal dan efektivitas sistem pemberian kredit pada Koperasi Simpan Pinjam Artha Jaya Sentosa. Dalam melakukan kegiatannya, Koperasi Simpan Pinjam Artha Jaya Sentosa telah menerapkan pengendalian internal yang meliputi : Lingkungan Pengendalian, Perkiraan Risiko, Aktivitas Pengendalian, Informasi dan Komunikasi, dan Pemantauan. Penulis menyimpulkan berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa pengendalian internal pada Koperasi Simpan Pinjam Artha Jaya Sentosa berperan dalam menunjang efektivitas sistem pemberian kredit.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/441
Date: 2006-11


Files in this item

Files Size Format View
0101313.pdf 3.723Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record