Peranan Audit Internal Sebagai Alat Bantu Manajemen Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan (Studi Kasus pada PT Pindad)

Widyatama Repository

Peranan Audit Internal Sebagai Alat Bantu Manajemen Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan (Studi Kasus pada PT Pindad)

Show full item record

Title: Peranan Audit Internal Sebagai Alat Bantu Manajemen Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan (Studi Kasus pada PT Pindad)
Author: Dirmansyah
Abstract: Aktivitas penjualan merupakan salah satu aktivitas penting di dalam perusahaan karena penjualan sangat mempengaruhi perusahaan dalam menjaga kontinuitas produksi barangnya. Hasil penjualan produksi barang selalu diharapkan stabil bahkan diusahakan agar terus meningkat dari waktu ke waktu. Untuk hal tersebut pengendalian internal sangat diperlukan. Pengendalian internal sendiri merupakan salah satu sistem, prosedur, atau metode yang digunakan oleh suatu badan usaha/bisnis untuk memantau aktiva-aktiva, mencegah terjadinya kecurangan, meminimalisir kesalahan, memverifikasi kebenaran dan akurasi data-data akuntansi, mempromosikan efisiensi operasi, dan memastikan bahwa kebijakan-kebijakan manajemen yang ditetapkan telah dilaksanakan/diikuti. Pengendalian internal sendiri tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya pengawasan dari pihak manajemen namun seiring dengan berkembangnya perusahaan maka aktivitas-aktivitas yang dijalankan perusahaan semakin banyak dan tidak dibarengi oleh kemampuan manajemen untuk mengawasinya. Oleh karena itu diperlukan alat bantu bagi manajemen dalam pengawasan yaitu bagian audit internal. Penulis melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana kememadaian pelaksanaan audit internal penjualan yang dilaksanakan oleh PT PINDAD (Persero) dan juga untuk mengetahui peranan audit internal sebagai alat bantu manajemen dalam menunjang efektivitas pengendalian internal penjualan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data primer dilakukan melalui penelitian di lapangan pada PT PINDAD (Persero) yang berlokasi di Jl. Jend. Gatot Soebroto No. 517 Bandung sedangkan data sekunder diperoleh melalui penelitian kepustakaan dengan mempelajari literatur-literatur yang berkaitan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa pelaksanaan audit internal terhadap penjualan pada PT PINDAD (Persero) telah memadai karena adanya fungsi kepatuhan, fungsi pemeriksaan, dan fungsi penilaian serta adanya internal audit yang memenuhi syarat independensi, kompetensi, lingkup pekerjan yang memadai, pelaksanaan tugas pemeriksaan, dan dukungan penuh dari manajemen.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/440
Date: 2004-03


Files in this item

Files Size Format View
0199219.pdf 3.858Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record