Peranan Pengembangan Produk dalam Meningkatkan Volume Penjualan di PT. Multi Garmentama Bandung

Widyatama Repository

Peranan Pengembangan Produk dalam Meningkatkan Volume Penjualan di PT. Multi Garmentama Bandung

Show full item record

Title: Peranan Pengembangan Produk dalam Meningkatkan Volume Penjualan di PT. Multi Garmentama Bandung
Author: Mukodam, Ahmad
Abstract: Skripsi ini disusun Ahmad Mukodam, dengan judul skripsi â Peranan Pengembangan Produk dalam Meningkatkan Volume Penjualan di PT. Multi Garmentama Bandungâ Lokasi penelitian dilakukan pada PT. Multi Garmentama yang berlokasi di Jl. Bihbul Raya No.99 Bandung, dengan dosen pembimbing Bapak Salim Munabi, S.E., M.M. PT. Multi Garmentama bergerak di bidang industri garmen pakaian jadi. Tujuan penelitian yang dilakukan pada PT. Multi Garmentama adalah untuk mengetahui tahap-tahap pengembangan produk apa saja yang dilakukan, untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong dalam melakukan pengembangan produk, serta untuk mengetahui berapa besar peranan pengembangan produk dalam meningkatkan volume penjualan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tahap-tahap pengembangan produk yang dilakukan oleh PT. Multi Garmentama adalah: (a) Pencarian ide. (b) Penyaringan ide. (c) Pengembangan dan Pengujian konsep. (d) Pengembangan strategi pemasaran. (e) Analisis bisnis. (f) Pengembangan produk. (g) Pengujian pasar. (h) Komersialisasi. Sedangkan faktor-faktor yang mendorong dalam melakukan pengembangan produk adalah (a) Persaingan. (b) Perubahan setiap konsep mode. (c) Teknologi untuk melakukan pengembangan produk. (d) Kapasitas produksi yang berlebih. (e) Teknologi informasi. (e) Adanya merchandise plan. (f) Adanya departemen R&D. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi Pearson yang didukung dengan analisis koefisien determinasi, serta untuk mengetahui signifikan nilai korelasi dilakukan uji hipotesis (uji t) satu pihak. Hasil yang didapat dari analisis korelasi Pearson dapat diketahui bahwa nilai r = 0,9502 yang menunjukan hubungan yang cenderung sangat kuat dan searah. Hal tersebut mengandung arti bahwa peningkatan biaya pengembangan produk akan meningkatkan volume penjualan, begitu juga sebaliknya. Berdasarkan perhitungan analisis koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar kd = 90,31%, artinya pengaruh pengembangan produk terhadap volume penjualan adalah sebesar 90,31% dan sisanya 9,69% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti oleh penulis. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dengan tingkat kekeliruan (α) sebesar 0,05 diperoleh hasil di mana t hitung = 5,286 sedangkan t table = 2,353 dengan demikian t hitung > t tabel, maka Ho ditolak. Artinya kegiatan pengembangan produk mempunyai peranan dalam meningkatkan volume penjualan. Dengan demikian hipotesis yang diajukan yaitu: â Aktivitas pengembangan produk mempunyai pengaruh yang positif terhadap volume penjualanâ , diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/1075
Date: 2005-11


Files in this item

Files Size Format View
bab5.pdf 76.32Kb PDF View/Open
bab4.pdf 332.5Kb PDF View/Open
bab3.pdf 396.5Kb PDF View/Open
bab2b.pdf 516.8Kb PDF View/Open
bab1-2a.pdf 1.902Mb PDF View/Open
cover.pdf 124.6Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record