Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Kopi di POTLUCK â coffee bar and libraryâ Bandung

Widyatama Repository

Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Kopi di POTLUCK â coffee bar and libraryâ Bandung

Show full item record

Title: Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Kopi di POTLUCK â coffee bar and libraryâ Bandung
Author: Hutagaol, Vici Kristina
Abstract: Skripsi ini berjudul â Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Kopi di POTLUCK â coffee bar and libraryâ Bandung â , dibuat oleh Vici Kristina Hutagaol (02.01.272). Latar belakang dari penelitian ini adalah karena persaingan di dunia bisnis dewasa ini semakin ketat sehingga memaksa setiap perusahaan untuk lebih memperhatikan kembali strategi-strategi bisnis yang selama ini digunakan agar mampu bertahan dalam persaingan. Strategi yang biasanya digunakan oleh perusahaan adalah strategi bauran pemasaran (khususnya 4P:Product, Price, Place dan Promotion) yang diupayakan dengan semaksimal mungkin agar dapat menciptakan keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini, yaitu : 1. Mengetahui bagaimana pelaksanaan strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh POTLUCK â coffee bar and libraryâ . 2. Mengetahui seberapa besar pengaruh dari bauran pemasaran yang dilakukan terhadap keputusan pembelian hususnya untuk produk minuman kopi. Dalam menganalisis data, alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan analisis korelasi Pearson untuk menganalisis data secara khusus dan analisis data secara kualitatif dengan menggunakan analisis korelasi Rank Spearman untuk menganalisis data secara umum. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Deskriptif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik penelitian Lapangan dan penelitian Kepustakaan. Metode statistik yang digunakan yaitu Analisis Korelasi, Koefisien Determinasi dan Pengujian Hipotesis dengan perhitungan menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi bauran pemasaran (X) yang dilakukan di POTLUCK khususnya untuk produk minuman kopi mempunyai hubungan yang cukup kuat dan searah dengan keputusan pembelian (Y) produk minuman kopi tersebut, hal ini terbukti dengan hasil analisis korelasi (r) sebesar 0,565 dan koefisien determinasi sebesar 31,9 % yang menunjukkan besarnya pengaruh dari pelaksanaan strategi bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian produk. Untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan t hitung sebesar 4,745 sedangakan t tabel dengan derajat keperayaan 95 %, tingkat kesalahan 5 % dan derajat kebebasan (n-2) diperoleh angka 1,679. Hal ini menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel sehingga hipotesis yang diajukan peneliti dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh POTLUCK secara umum telah dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.untuk itu, pihak POTLUCK sebaiknya dapat memperhatikan strategi bauran pemasaran yang selama ini digunakan khususnya dalam hal harga karena harga memiliki pengaruh terbesar bagi keputusan pembelian yakni sebesar 0,655 dan memperbaiki strategi promosi yang selama ini dilakukan karena promosi memiliki pengaruh yang terkecil bagi keputusan pembelianyakni sebesar 0,273 sehingga dengan memperbaiki segala kekurangan-kekurangan tersebut diharapkan dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen atas produk minuman kopi yang ditawarkan di POTLUCK
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/1074
Date: 2005-11


Files in this item

Files Size Format View
bab5.pdf 127.1Kb PDF View/Open
bab3-4.pdf 1.423Mb PDF View/Open
bab1-2.pdf 679.2Kb PDF View/Open
cover.pdf 48.13Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record