Fungsi Sistem Pengolahan Data Elektronik Atas Persediaan Bahan Baku (penelitian pada Departemen Tempa Divisi Tempa dan Cor PT. Pindad (Persero) Bandung)

Widyatama Repository

Fungsi Sistem Pengolahan Data Elektronik Atas Persediaan Bahan Baku (penelitian pada Departemen Tempa Divisi Tempa dan Cor PT. Pindad (Persero) Bandung)

Show full item record

Title: Fungsi Sistem Pengolahan Data Elektronik Atas Persediaan Bahan Baku (penelitian pada Departemen Tempa Divisi Tempa dan Cor PT. Pindad (Persero) Bandung)
Author: Herlambang, Meirdian
Abstract: Dalam perusahaan manufaktur, persediaan bahan baku memegang peranan yang sangat penting untuk kelancaran proses produksi, karena itu diperlukan suatu sistem yang dapat menghasilkan informasi yang cepat dan akurat. Pengolahan data elektronik atas persediaan bahan baku dirasakan dapat memenuhi kebutuhan perusahaan akan informasi yang cepat dan akurat, karena dalam pengolahan data secara elektronik terintegrasi sistem-sistem yang dibuat untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam pengelolaan persediaan bahan baku. Berdasarkan pemikiran diatas, penulis melakukan penelitian pada Departemen Tempa Divisi Tempa dan Cor PT. Pindad (Persero), yang berlokasi di Jl. Gatot Subroto No. 517 Bandung. Tujuan dilakukannya penelitian adalah untuk mengetahui fungsi pengolahan data elektronik atas persediaan bahan baku. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi berupa fakta, mengolah data dan informasi yang diperoleh dari objek penelitian, serta menggambarkan cukup jelas objek yang diteliti. Sedangkan teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui pengamatan secara langsung di loksai penelitian, wawancara langsung kepada pihak yang berwenang serta mempelajari literatur maupun sumber lain yang mempunyai hubungan dengan masalah penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, penulis melihat bahwa fungsi pengolahan data elektronik atas persediaan bahan baku pada Departemen Tempa Divisi Tempa dan Cor PT. Pindad (Persero) telah berjalan cukup memadai. Hal ini dikarenakan perusahaan telah menerapkan sistem pengolahan data elektronik dengan tersedianya unsur sistem pengolahan data elektronik berupa hardware, software dan brainware yang cukup memadai dengan didukung sistem jaringan kerja atau Local Area Network (LAN) serta telah menjalankan tahap-tahap pengolahan data elektronik berupa tahap perolehan, pemrosesan data, pemeliharaan file dan pelaporan secara baik dan benar. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian adalah fungsi pengolahan data elektronik atas persediaan bahan baku telah berfungsi dengan memadai.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/1069
Date: 2005-11


Files in this item

Files Size Format View
bab5.pdf 96.83Kb PDF View/Open
bab3-4.pdf 2.036Mb PDF View/Open
bab1-2.pdf 1.784Mb PDF View/Open
cover.pdf 40.68Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record