Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Niat Membeli Ulang Di Toko Sinar Terbit Bandung

Widyatama Repository

Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Niat Membeli Ulang Di Toko Sinar Terbit Bandung

Show full item record

Title: Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Niat Membeli Ulang Di Toko Sinar Terbit Bandung
Author: Sobana, Firman Setya
Abstract: Persaingan di dunia usaha ritel yang semakin ketat mengharuskan setiap perusahaan lebih peka terhadap setiap peluang yang ada agar dapat bersaing dengan perusahaan lain. Salah satu yang dapat dilakukan perusahaan untuk mengahadapi kondisi tersebut yaitu dengan memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik kepada konsumen. Penelitian ini dilakukan di Toko Sinar Terbit yang bergerak dibidang usaha eceran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Untuk menganalisis unsur-unsur pelayanan yang diberikan oleh Toko Sinar Terbit. 2. Untuk menganalisis tanggapan responden mengenai kualitas pelayanan Toko Sinar Terbit. 3. Untuk menganalisis sejauh mana hubungan kualitas pelayanan dengan niat membeli ulang pada Toko Sinar Terbit. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode survey eksplanatori, yaitu metode yang digunakan untuk menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui penyajian hipotesa. Untuk mendukung metode tersebut penulis menggunakan teknik pengumpulan data penelitian langsung dengan cara menyebarkan angket (kuesioner), jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 100 orang. Untuk mengetahui besarnya hubungan kualitas pelayanan dengan niat konsumen membeli ulang diperlukan perhitungan statistic dengan menggunakan analisis korelasi spearman menggunakan spss, diperoleh nilai sebesar 0,662 artinya hubungan antara kedua variabel itu kuat. Koefisien determinasi untuk kualitas pelayanan dengan niat membeli ulang sebesar 43,82% sementara sisanya sebesar 56,18 dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti faktor harga dan faktor promosi. Selanjutnya digunakan uji signifikansi diperoleh 0,00 â   0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan niat membeli ulang konsumen di Toko Sinar Terbit. Penulis mengajukan saran, yaitu meskipun kualitas pelayanan yang telah diberikan sudah oleh pihak toko sudah baik, namun akan lebih baik lagi jika kualitas pelayanan ditingkatkan kembali dengan meningkatkan kecepatan pelayanan wiraniaganya dan menyediakan kotak saran dalam rangka menampung saran-saran dari para konsumennya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/1059
Date: 2008-05


Files in this item

Files Size Format View
bab5.pdf 1.630Mb PDF View/Open
bab4c.pdf 1.874Mb PDF View/Open
bab4b.pdf 1.791Mb PDF View/Open
bab4a.pdf 1.987Mb PDF View/Open
bab3b.pdf 1.037Mb PDF View/Open
bab3a.pdf 1.619Mb PDF View/Open
bab2c.pdf 1.693Mb PDF View/Open
bab2b.pdf 1.832Mb PDF View/Open
bab2a.pdf 1.882Mb PDF View/Open
bab1b.pdf 1.201Mb PDF View/Open
bab1a.pdf 1.473Mb PDF View/Open
cover.pdf 93.33Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record