Pengaruh Kompensasi Non-Finansial Terhadap Motivasi Kerja Karyawan (Studi Kasus Di PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung)

Widyatama Repository

Pengaruh Kompensasi Non-Finansial Terhadap Motivasi Kerja Karyawan (Studi Kasus Di PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung)

Show full item record

Title: Pengaruh Kompensasi Non-Finansial Terhadap Motivasi Kerja Karyawan (Studi Kasus Di PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung)
Author: Nababan, Iskandar P.
Abstract: Baik-buruknya suatu perusahaan dapat dilihat dari SDM pada perusahaan tersebut. SDM memegang peranan yang sangat penting untuk mencapai tujuan suatu perusahaan, baik itu perusahaan kecil maupun perusahaan besar. Untuk itu, kebutuhan karyawan harus selalu diperhatikan agar mereka memiliki motivasi yang tinggi dalam bekerja sehingga mereka dapat memberikan yang terbaik bagi perusahaan tempat mereka bekerja. Untuk pembahasan lebih lanjut perlu dilakukan suatu penelitian. Penelitian dilakukan di PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung. Adapun penelitian ini berkaitan dengan hal yang menjadi motivator karyawan dalam bekerja, yaitu salah satunya kompensasi non-finansial. Dari permasalahan tersebut, penulis ingin mengetahui tentang pemberian kompensasi non-finansial dan motivasi kerja pada PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung. Kemudian akan dicari tahu seberapa besar kompensasi non-finansial mempengaruhi motivasi kerja karyawan. Selanjutnya penulis akan memberikan masukan mengenai upaya-upaya apa saja yang dapat dilakukan dalam hal peningkatan motivasi kerja karyawan PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah sensus terhadap 55 karyawan PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung. Kemudian data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Spearmen Rank. Kemudian dilakukan determinasi untuk mengetahui seberapa besar variabel eksogen (kompensasi non-finansial) mempengaruhi variabel endogen (motivasi kerja). Dari hasil analisis dan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa pemberian kompensasi non-finansial hampir dilaksanakan sebagaimana mestinya dengan skor rata-rata 76,97%. Sementara untuk motivasi kerja tergolong tinggi dengan angka 77,20%. Untuk pemberian kompensasi non-finansial berpengaruh sebesar 17,06% terhadap motivasi kerja karyawan di PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung. Sisanya sebesar 82,94% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Kejenuhan pada tugas-tugas yang diberikan akan menjadi pemicu turunnya semangat bekerja. Manajemen PDAM Tirta Raharja dapat mengatasinya dengan kebijakan rotasi pekerjaan. Namun, rotasi pekerjaan yang dilakukan sebaiknya tidak keluar dari bidang pekerjaan yang dikuasai karyawan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/1056
Date: 2008-08


Files in this item

Files Size Format View
bab5.pdf 968.5Kb PDF View/Open
bab4c.pdf 1.750Mb PDF View/Open
bab4b.pdf 1.863Mb PDF View/Open
bab4a.pdf 1.945Mb PDF View/Open
bab3c.pdf 994.9Kb PDF View/Open
bab3b.pdf 1.527Mb PDF View/Open
bab3a.pdf 1.580Mb PDF View/Open
bab2c.pdf 1.506Mb PDF View/Open
bab2b.pdf 1.432Mb PDF View/Open
bab2a.pdf 1.791Mb PDF View/Open
bab1b.pdf 986.7Kb PDF View/Open
bab1a.pdf 1.115Mb PDF View/Open
cover.pdf 70.87Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record