Peran Sistem Akuntansi Keuangan Daerah (SAKD) Dalam Mewujudkan Transparansi Dan Akuntabilitas Keuangan Pemerintah Daerah (Survai Pada Bagian Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat)

Widyatama Repository

Peran Sistem Akuntansi Keuangan Daerah (SAKD) Dalam Mewujudkan Transparansi Dan Akuntabilitas Keuangan Pemerintah Daerah (Survai Pada Bagian Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat)

Show full item record

Title: Peran Sistem Akuntansi Keuangan Daerah (SAKD) Dalam Mewujudkan Transparansi Dan Akuntabilitas Keuangan Pemerintah Daerah (Survai Pada Bagian Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat)
Author: Firmansyah, Irman
Abstract: Dalam rangka pembaharuan manajemen keuangan daerah di era otonomi daerah dan dalam menghadapi era globalisasi ini, diperlukan adanya suatu standar akuntansi pemerintahan secara nasional baik untuk pemerintah pusat maupun daerah sehingga pertanggungjawaban laporan keuangan pemerintah dapat lebih transparan dan dapat diakses dengan baik oleh publik. Berdasarkan pertimbangan tersebut maka penulis membahas mengenai peran sistem akuntansi keuangan daerah dalam mewujudkan transparansi dan akuntabilitas keuangan Pemerintah Daerah Jawa Barat. Penulis melakukan penelitian dengan tujuan untuk menganalisis peran Sistem Akuntansi Keuangan Daerah dalam mewujudkan transparansi dan seran Sistem Akuntansi Keuangan Daerah dalam mewujudkan akuntabilitas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif disertai dengan analisis statistik dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Uji normalitas yang digunakan adalah uji kecocokan Kolmogorov-Smirnov. Data primer diperoleh melalui penelitian lapangan yaitu dengan mengadakan observasi, wawancara, memberikan daftar pertanyaan (kuesioner) serta mengumpulkan catatan dan dokumen yang berhubungan dengan objek yang sedang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem akuntansi keuangan daerah berperan dalam mewujudkan transparansi laporan keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, namun demikian perannya belum cukup optimal. Sedangkan sistem akuntansi keuangan daerah berperan dalam mewujudkan akuntabilitas laporan keuangan daerah.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/1054
Date: 2008-09


Files in this item

Files Size Format View
bab5.pdf 111.4Kb PDF View/Open
bab3-4.pdf 599.2Kb PDF View/Open
bab1-2.pdf 516.0Kb PDF View/Open
cover.pdf 56.01Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record