Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Giant Hypermarket Bandung jl. Dr Djunjunan

Widyatama Repository

Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Giant Hypermarket Bandung jl. Dr Djunjunan

Show full item record

Title: Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Giant Hypermarket Bandung jl. Dr Djunjunan
Author: Bermani, Ridwan
Abstract: Skripsi ini disusun oleh Ridwan Bermani (02.04.130), dengan judul â Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen pada Giant Hypermarket jl.Dr Djunjunanâ . Di dalam penyusunan skripsi ini penulis di bawah bimbingan Ibu Sri Astuti Pratminingsih S.E., M.A. selaku dosen pembimbing. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada Giant Hypermarket jl.Dr Djunjunan dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasikan tiga permasalahan utama yaitu: bagaimana kualitas pelayanan pada Giant Hypermarket jl.Dr Djunjunan, bagaimana loyalitas konsumen pada Giant Hypermarket jl.Dr Djunjunan, dan seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada Giant Hypermarket jl.Dr Djunjunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan pada Giant Hypermarket jl.Dr Djunjunan, untuk mengetahui loyalitas konsumen pada Giant Hypermarket jl.Dr Djunjunan, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada Giant Hypermarket jl.Dr Djunjunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pada Giant Hypermarket adalah baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata keseluruhan kualitas pelayanan adalah 3,52. Loyalitas konsumen Giant Hypermarket jl.Dr Djunjunan dilihat dari nilai rata-rata keseluruhannya sebesar 3,83 yang berarti baik. Untuk mengetahui seberapa kuat hubungan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada Giant Hypermarket jl.Dr Djunjunan, maka dilakukan uji stasistik dengan menggunakan korelasi rank spearman dan diperoleh nilai rs sebesar 0,3529 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang lemah dan searah antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen. Sedangkan hasil analisis koefisien determinasi (Kd) sebesar 12,45 % menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memberikan pengaruh terhadap loyalitas konsumen, sedangkan sisanya yaitu 87,55 % dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti oleh penulis. Berdasarkan pengujian hipotesis didapat bahwa thitung = 3,3778 lebih besar dari ttabel = 1,553 maka terbukti bahwa kualitas pelayanan jasa memiliki pengaruh yang positif terhadap kepuasan konsumen. Sehubungan dengan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, hipotesis yang semula diajukan yaitu : â Kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang positif terhadap loyalitas konsumenâ , dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/1052
Date: 2008-09


Files in this item

Files Size Format View
bab5.pdf 108.6Kb PDF View/Open
bab3-4.pdf 1.881Mb PDF View/Open
bab1-2.pdf 783.8Kb PDF View/Open
cover.pdf 78.90Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record