Peranan Pengendalian Internal Dalam Menunjang Efektivitas Penjualan Perusahaan (Studi Survei Pada Perusahaan Air Minuman di Bandung)

Widyatama Repository

Peranan Pengendalian Internal Dalam Menunjang Efektivitas Penjualan Perusahaan (Studi Survei Pada Perusahaan Air Minuman di Bandung)

Show full item record

Title: Peranan Pengendalian Internal Dalam Menunjang Efektivitas Penjualan Perusahaan (Studi Survei Pada Perusahaan Air Minuman di Bandung)
Author: Sihombing, Ryantho Biduan
Abstract: Pasar merupakan salah satu ciri dari era globalisasi, dimana barang dan jasa bebas keluar masuk suatu negara tanpa disertai peraturan yang ketat. Hal ini mendorong perusahaanâ perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan efektivitas penjualan agar dapat menghasilkan produk yang bermutu dan harga yang bersaing. Dengan semakin berkembangnya suatu perusahaan, semakin bertambahnya pula masalah yang dihadapi perusahaan. Meskipun demikian pimpinan tetap harus dapat mengetahui masalah-masalah yang terjadi di perusahaan, sehingga bila timbul masalah dapat segera dicari penyebabnya. Adapun alat bantu yang dapat digunakan untuk tujuan tersebut adalah pengendalian internal, dengan dilakukannya pengendalian internal, perusahaan berharap dapat menunjang efektivitas bagian yang diperiksa. Berdasarkan masalah di atas, penulis mencoba untuk melakukan penelitian dengan objek penelitian adalah peranan pengendalian internal pada perusahaan minuman di Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menilai kememadaian pelaksanaan pengendalian internal atas penjualan yang dilakukan perusahaan, untuk mengetahui dan menilai efektivitas penjualan yang dilakukan perusahaan, dan untuk mengetahui peranan pengendalian internal dalam menunjang efektivitas penjualan perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis, yaitu suatu metode penelitian yang dilakukan dengan menggunakan terlebih dahulu kondisi objek penelitian atau perusahaan yang diteliti berdasarkan fakta dan data yang ada dengan menggunakan koefisien korelasi rank spearman dengan n=12 dengan tingkat signifikasi sebesar 0.05. Dari hasil perhitungan menunjukan bahwa responden dalam hal pelaksanan pengendalian internal mayoritas memberikan jawaban sangat setuju dan setuju sebesar 71.33%, tapi ada pula responden menjawab kurang setuju sebesar 17.67% dan tidak setuju sebasar 11%. Jawaban responden tentang efektivitas penjualan sebesar 67.6%, tapi ada responden menjawab kurang setuju sebesar 25% dan tidak setuju sebesar 7.4%. Hubungan peranan pengendalian internal dan efektivitas penjualan termasuk kuat, yaitu sebesar 0.605, sedangkan pengaruh atau kontribusi peranan pengendalian internal terhadap penjualan termasuk kuat, yaitu sebesar 60.5% sisanya sebesar 39.5% dipengeruhi oleh faktor lain, dengan demikian dapat dikatakan bahwa pengendalian internal, mempunyai peranan dalam peningkatan efektivitas penjualan perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/1049
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
bab5.pdf 777.3Kb PDF View/Open
bab4f.pdf 2.030Mb PDF View/Open
bab4e.pdf 1.919Mb PDF View/Open
bab4d.pdf 2.025Mb PDF View/Open
bab4c.pdf 1.690Mb PDF View/Open
bab4b.pdf 1.822Mb PDF View/Open
bab4a.pdf 1.646Mb PDF View/Open
bab3b.pdf 1.275Mb PDF View/Open
bab3a.pdf 1.415Mb PDF View/Open
bab2c.pdf 1.538Mb PDF View/Open
bab2b.pdf 1.562Mb PDF View/Open
bab2a.pdf 1.661Mb PDF View/Open
bab1.pdf 1.734Mb PDF View/Open
cover.pdf 58.23Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record