Peranan Audit Internal Dalam Pencegahan Kecurangan (Fraud) (Studi kasus pada Kantor PT. Bank Jabar Banten Cabang Utama, Bandung)

Widyatama Repository

Peranan Audit Internal Dalam Pencegahan Kecurangan (Fraud) (Studi kasus pada Kantor PT. Bank Jabar Banten Cabang Utama, Bandung)

Show full item record

Title: Peranan Audit Internal Dalam Pencegahan Kecurangan (Fraud) (Studi kasus pada Kantor PT. Bank Jabar Banten Cabang Utama, Bandung)
Author: Kusumah, Ihsan
Abstract: Audit internal merupakan fungsi penilaian yang dalam suatu organisasi untuk menguji dan mengevaluasi kegiatan organisasi yang dilaksanakan. Penilaian tersebut meliputi seluruh aktivitas perusahaan termasuk penilaian terhadap struktur organisasi, rencana-rencana, kebijakan, prestasi pegawai, dan ketaatan terhadap prosedur. Audit intenal sangat dibutuhkan bagi organisasi atau perusahaan baik yang bergerak di bidang produksi maupun jasa. Maksud dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dan data yang mendukung dalam penelitian baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pelaksanaan audit internal telah dilaksanakan secara memadai, dan apakah pelaksanaan audit internal dapat berperan dalam pencegahan kecurangan di Kantor Cabang Utama PT. Bank Jabar Banten Data yang diperlukan diperoleh melalui wawancara, penyebaran kuesioner dan berbagai literatur yang relevan dengan masalah penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus, dimana data dan informasi yang diperoleh selama penelitian akan diolah, diproses dan dianalisis dengan menggunakan teori-teori yang relevan. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa pelaksanaan audit internal di Kantor Cabang Utama PT. Bank Jabar Banten sudah memadai sehingga pencegahan fraud yang dilakukan tinggi. Hal ini terlihat dari total skor untuk variabel X yaitu peranan audit internal sebesar 954, yaitu berada pada nilai 882,4-1050,4 yang berarti termasuk pada kriteria sangat memadai. Sedangkan total skor untuk variabel Y adalah 600, yaitu berada pada nilai 546,4-650,4 dan termasuk pada kriteria pencegahan fraud yang sangat tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa audit internal bermanfaat dalam pencegahan kecurangan (Fraud). Untuk mencegah terjadinya fraud pada perusahaan, penulis mengajukan saran bahwa audit internal hendaknya terus-menerus meninjau dan melakukan tindak lanjut audit untuk memastikan apakah tindakan perbaikan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan yang ditemukan dalam audit sudah dilaksanakan oleh manajemen, audit internal hendaknya memahami dan mengerti kegiatan auditee, dalam hal mengevaluasi sistem pengendalian intern, sehingga kegiatan auditee dapat dimaksimalkan, dan kecurangan dapat dihindarkan, serta kinerja auditor internal PT. Bank Jabar Banten hendaknya terus ditingkatkan agar dapat mengetahui dan menghindari terjadinya kecurangan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/1048
Date: 2008-04


Files in this item

Files Size Format View
bab5.pdf 779.7Kb PDF View/Open
bab4.pdf 1.690Mb PDF View/Open
bab3b.pdf 1.518Mb PDF View/Open
bab3a.pdf 1.662Mb PDF View/Open
bab2e.pdf 1.989Mb PDF View/Open
bab2d.pdf 1.828Mb PDF View/Open
bab2c.pdf 1.774Mb PDF View/Open
bab2b.pdf 1.845Mb PDF View/Open
bab2a.pdf 1.951Mb PDF View/Open
bab1b.pdf 1.091Mb PDF View/Open
bab1a.pdf 1.101Mb PDF View/Open
cover.pdf 47.13Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record