Analisis Manfaat Implementasi Balanced Sorecard Dalam Pelaksanaan Proses Manajemen Strategik ( Studi kasus pada PT. Pindad (Persero) â Bandung )

Widyatama Repository

Analisis Manfaat Implementasi Balanced Sorecard Dalam Pelaksanaan Proses Manajemen Strategik ( Studi kasus pada PT. Pindad (Persero) â Bandung )

Show full item record

Title: Analisis Manfaat Implementasi Balanced Sorecard Dalam Pelaksanaan Proses Manajemen Strategik ( Studi kasus pada PT. Pindad (Persero) â Bandung )
Author: Gunawan, Fhery
Abstract: Dampak revolusioner abad informasi berimbas pada perkembangan dan iklim bisnis, yang juga akan memberikan pengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan bisnis perusahaan, baik perusahaan yang bergerak di sektor jasa maupun di industri manufaktur. Untuk menjadi perusahaan yang kompetitif, perusahaan harus memiliki sistem manajemen yang baik untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan. Visi perusahaan seringkali tidak terwujud karena adanya kecenderungan personel perusahaan berfokus ke perspektif jangka pendek. Kecenderungan tersebut umumnya timbul sebagai akibat sistem manajemen yang digunakan oleh perusahaan tidak memotivasi personel untuk merumuskan langkah-langkah cemerlang dan besar, namun hanya langkah-langkah kecil dan berjangka pendek. Dalam hal ini balanced scorecard menjadi sebuah sistem manajemen strategik untuk menciptakan nilai ekonomis suatu entitas yang komprehensif dan koheren. Dalam penulisan skripsi ini, yang menjadi objek penelitian bagi Penulis adalah manfaat implementasi balanced scorecard dalam pelaksanaan proses manajemen strategik yang diterapkan pada PT. Pindad (Persero). Penulis melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas implementasi balanced scorecard di perusahaan (PT. Pindad), bagaimana manfaat implementasi Balanced Scorecard dalam pelaksanaan proses manajemen strategik pada perusahaan.Dalam melakukan penelitian, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif analitis, yaitu Penelitian yang ditujukan untuk menyelidiki secara terperinci aktivitas dan pekerjaan manusia dan hasil penelitian tersebut dapat memberikan rekomendasi-rekomendasi untuk keperluan masa yang akan datang. Data yang digunakan penulis adalah data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang Penulis pergunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data primer yang dilakukan secara langsung kepada perusahaan dengan cara: wawancara (interview), pengamatan (observation) , dan kuesioner (quesionnaire). Penelitian Kepustakaan (Library Research), penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan data sekunder dengan membaca literatur-literatur berupa buku-buku, jurnal-jurnal, catatan-catatan kuliah. Hasil yang diperoleh atas penelitian kepustakaan tersebut akan menjadi landasan teoritis bagi penulis dalam menyusun skripsi ini. Berdasarkan hasil analisis secara keseluruhan responden dapat diketahui bahwa efektivitas implementasi balanced scorecard pada perusahaan adalah 93,93 %. Untuk manfaat implementasi balanced scorecard dalam pelaksanaan proses manajemen strategik adalah sebesar 68,24 %. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi balanced scorecard pada perusahaan efektif, dan implementasi balanced scorecard dalam pelaksanaan proses manajemen strategik cukup bermanfaat.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/1044
Date: 2005-11


Files in this item

Files Size Format View
bab5.pdf 48.07Kb PDF View/Open
bab4e.pdf 1.457Mb PDF View/Open
bab4d.pdf 1.641Mb PDF View/Open
bab4c.pdf 1.445Mb PDF View/Open
bab4b.pdf 1.631Mb PDF View/Open
bab4a.pdf 1.479Mb PDF View/Open
bab3b.pdf 663.9Kb PDF View/Open
bab3a.pdf 1.508Mb PDF View/Open
bab2d.pdf 1.713Mb PDF View/Open
bab2c.pdf 1.753Mb PDF View/Open
bab2b.pdf 1.381Mb PDF View/Open
bab2a.pdf 1.382Mb PDF View/Open
bab1b.pdf 1.932Mb PDF View/Open
bab1a.pdf 1.765Mb PDF View/Open
cover.pdf 72.34Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record