Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen pada Swalayan Sanmart

Widyatama Repository

Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen pada Swalayan Sanmart

Show full item record

Title: Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen pada Swalayan Sanmart
Author: Mulia, Paskah
Abstract: Semakin pesatnya perkembangan informasi dewasa ini, mengakibatkan semakin ketatnya persaingan perdagangan, tak terkecuali terjadi juga pada perdagangan eceran, seperti halnya butik. Untuk dapat mampu bertahan dalam persaingan yang semakin ketat ini, butik perlu lebih meningkatkan sistem pemasaran yang dilaksanakan oleh perusahaan diantaranya adalah store atmosphere. Suasana Toko (Store Atmosphere) dalam kerangka konsep Retail Mix di dalam kegiatan pemasaran terjadi kegiatan transaksi dan pertukaran barang maupun jasa. Pertukaran dapat dilakukan melalui perantara-perantara yang tergabung dalam organisasi distribusi pemasaran pada umumnya proses pertukaran yang melibatkan lembaga-lembaga pemasaran meliputi: Produsen, pedagang besar, agen, retailer, sebelum akhirnya sampai ke tangan konsumen akhir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Store Atmosphere terhadap minat beli konsumen pada Swalayan Sanmart Bandung. Penelitian ini dalam pelaksanaannya menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu sistem pemikiran atau suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data primer (melalui kuesioner) dan data sekunder (melalui literatur), uji statistik yang digunakan adalah korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan Store Atmosphere oleh Swalayan Sanmart, berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3.83 yang berarti bahwa konsumen menilai store atmosphere pada Swalayan Sanmart sudah dilaksanakan dengan baik. Sedangkan minat beli konsumen pada Swalayan Sanmart berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 4.03 yang berarti bahwa minat beli konsumen dinilai baik. Selanjutnya hubungan antara Store Atmosphere dengan minat beli konsumen pada Swalayan Sanmart, berdasarkan uji korelasi Rank Spearman diperoleh nilai 0,672 artinya terdapat hubungan yang kuat antara Store Atmosphere dengan minat beli konsumen. Sedangkan pengaruh Store Atmosphere terhadap minat beli konsumen berdasarkan koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 45,16%, dan sisanya sebesar 54,84% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Sekalipun secara keseluruhan store atmosphere telah yang dilaksanakan dikatakan berperan dalam meningkatkan minat beli konsumen, namun hendaknya pelaksanaan store atmosphere lebih ditingkatkan lagi, mengingat tuntutan pasar yang selalu berubah, sehingga perlu penyesuaian-penyesuaian agar mampu bertahan dalam persaingan yang semakin ketat.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/1043
Date: 2008-07


Files in this item

Files Size Format View
bab5.pdf 1.032Mb PDF View/Open
bab4c.pdf 1.745Mb PDF View/Open
bab4b.pdf 1.873Mb PDF View/Open
bab4a.pdf 1.778Mb PDF View/Open
bab3b.pdf 1.777Mb PDF View/Open
bab3a.pdf 1.829Mb PDF View/Open
bab2e.pdf 1.866Mb PDF View/Open
bab2d.pdf 1.849Mb PDF View/Open
bab2c.pdf 1.612Mb PDF View/Open
bab2b.pdf 1.641Mb PDF View/Open
bab2a.pdf 1.636Mb PDF View/Open
bab1b.pdf 1.082Mb PDF View/Open
bab1a.pdf 1.478Mb PDF View/Open
cover.pdf 98.36Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record