Pengaruh Desain Kemasan Pouch Terhadap Keputusan Pembelian pada produk Teh Botol Sosro Kemasan Pouch (Studi Kasus pada PT. Sinar Sosro KPP Garut)

Widyatama Repository

Pengaruh Desain Kemasan Pouch Terhadap Keputusan Pembelian pada produk Teh Botol Sosro Kemasan Pouch (Studi Kasus pada PT. Sinar Sosro KPP Garut)

Show full item record

Title: Pengaruh Desain Kemasan Pouch Terhadap Keputusan Pembelian pada produk Teh Botol Sosro Kemasan Pouch (Studi Kasus pada PT. Sinar Sosro KPP Garut)
Author: Novianti, Wanty
Abstract: Desain kemasan merupakan salah satu strategi perusahaan untuk dapat melakukan persaingan dalam dunia bisnis, selain itu untuk dapat menciptakan citra merek dalam benak konsumen yang bertujuan untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya sehingga konsumen melakukan keputusan pembelian terhadap produk tersebut. Hal yang menjadi kelebihan desain kemasan yang memang sangat diperhatikan oleh konsumen sebagai bahan pertimbangan mereka dalam melakukan keputusan pembelian, adalah sebagai berikut : ukuran dan bentuk dari kemasan, bahan dari kemasan, warna dari kemasan suatu produk, merek dan label yang terdapat pada kemasan. Unsur-unsur tersebut dianggap begitu penting bagi konsumen, dengan demikian konsumen pun dapat merasa terangsang untuk melakukan keputusan pembelian terhadap produk tersebut, sedangkan perusahaan menginginkan agar konsumen merasa puas terhadap desain kemasan yang telah diberikan oleh perusahaan kepada produk mereka, maka mereka pun terus berusaha untuk dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen. Desain kemasan dan keputusan pembelian merupakan fokus dari penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sejumlah 100 orang responden sebagai sampel. Maksud penelitian ini adalah untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis, dan menginterpretasikan data secara menyeluruh antara desain kemasan dan keputusan pembelian, sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui dan mempelajari pengaruh desain kemasan Teh Botol Sosro kemasan pouch dengan keputusan pembelian pada PT. Sinar Sosro. Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh desain kemasan dengan tingkat keputusan pembelian, maka dilakukan uji statistik dengan menggunakan korelasi rank spearman dan diperoleh nilai sebesar 0,874 yang menunjukan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat, jadi terdapat pengaruh yang sangat kuat antara desain kemasan Teh Botol Sosro kemasan pouch terhadap keputusan pembelian, sedangkan hasil analisis koefisien determinasi (Kd) sebesar 76,39 % yang menunjukan bahwa 76,39 % tingkat keputusan pembelian dipengaruhi oleh desain kemasan dan sisanya sebesar 23,61 % dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti oleh penulis. Berdasarkan uji hipotesis t hitung â ¥ t tabel yaitu 17,252 â ¥ 1,553 yang berarti bahwa desain kemasan mempunyai korelasi positif terhadap tingkat keputusan pembelian. Sehubungan dengan hasil penelitian pembahasan yang dilakukan, hipotesis yang semula diajukan yaitu â Desain Kemasan Berpengaruh Positif Terhadap Keputusan Pembelianâ dapat diterima artinya teori yang dijadikan acuan dalam kerangka pemikiran masih relavan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/1042
Date: 2008-09


Files in this item

Files Size Format View
bab5.pdf 59.80Kb PDF View/Open
bab3-4.pdf 778.5Kb PDF View/Open
bab1-2.pdf 674.3Kb PDF View/Open
cover.pdf 134.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record