Pengaruh Kinerja Bauran Pemasaran Pedagang Eceran (Retail) Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Pada PD. Iman Textile

Widyatama Repository

Pengaruh Kinerja Bauran Pemasaran Pedagang Eceran (Retail) Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Pada PD. Iman Textile

Show full item record

Title: Pengaruh Kinerja Bauran Pemasaran Pedagang Eceran (Retail) Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Pada PD. Iman Textile
Author: Octaviany, Like Iman
Abstract: Pedagang eceran (retail) merupakan mata rantai terakhir dalam suatu saluran pemasaran. Pedagang eceran (retail) memegang peranan penting dalam melakukan penjualan suatu produk, serta dalam memberikan pelayanan kepada konumennya. PD. Iman Textile sebagai pedagang eceran menjual produk-produk bahan jadi yang diperoleh dari produsen dengan mendapatkan peran untuk memasarkan dan mendistribusikan produk tersebut kepada konsumen akhir. Hal yang menjadi kelebihan pedagang eceran (Retailing mix) yang memang diinginkan oleh konsumen serta, yaitu: merencanakan pengadaan produk (merchandising), meningkatkan fasilitas yang produktif (facility), menetapkan keputusan mengenai harga yang cukup terjangkau bagi konsumennya (price), strategi promosi yang tepat (promotion), penempatan lokasi yang strategis (location), memberikan pelayanan konsumen dengan cepat (customer services) serta memberikan pelayanan jasa yang dengan baik (personnel). Unsur-unsur tersebut dianggap begitu penting bagi konsumen, hal ini dapat terlihat dimana konsumen menginginkan pedagang eceran dapat memenuhi kebutuhan dan memberikan pelayanan yang baik serta memberikan kepuasan bagi konsumen, sedangkan pengecer menginginkan agar konsumen merasa puas terhadap kinerja bauran pemasaran yang dilakukan oleh pedagang eceran. Kinerja bauran pemasaran dan tingkat kepuasan konsumen merupakan fokus dari penelitian ini Penelitian ini dilakukan oleh PD. Iman Textile dengan mengambil sejumlah 30 orang responden sebagai sampel. Maksud penelitian ini adalah untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan mengiterprestasikan data secara menyeluruh antara kinerja bauran pemasaran dan tingkat kepuasan konsumen, sedang tujuanya adalah untuk mengetahui dan mempelajari hubungan atau pengaruh antara kinerja bauran pemasaran terhadap tingkat kepuasan konsumen pada PD. Iman Textile. Untuk mengetahui sejauhmana hubungan atau pengaruh kinerja bauran pemasaran dengan tingkat kepuasan konsumen, maka dilakukan uji statistik dengan menggunakan korelasi rank spearman dan diperoleh nilai sebesar 0,823 yang menunjukan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat, jadi terdapat hubungan atau pengaruh yang sangat kuat antara kinerja bauran pemasaran dengan tingkat kepuasan konsumen, sedangkan hasil analisis koefisien determinasi (Kd) sebesar 67,73% yang menunjukan bahwa 67,73% tingkat kepuasan konsumen dipengaruhi oleh pelaksanaan dari kinerja bauran pemasaran pedagang eceran (retail) dan sisanya sebesar 32,27% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti oleh penulis. Berdasarkan uji hipotesis thitung â ¥ ttabel yaitu 71.415 â ¥ 1.313 yang berarti bahwa kinerja bauran pemasaran mempunyai korelasi positif terhadap tingkat kepuasan konsumen. Sehubungan dengan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, hipotesis yang semula diajukan yaitu â Kinerja Bauran Pemasaran Berpengaruh Positif Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumenâ dapat diterima artinya teori yang dijadikan acuan dalam kerangka pemikiran masih relevan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/1040
Date: 2008-06


Files in this item

Files Size Format View
bab5.pdf 405.5Kb PDF View/Open
bab3-4.pdf 1.586Mb PDF View/Open
bab1-2.pdf 1.480Mb PDF View/Open
cover.pdf 168.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record