Peranan Komite Audit dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerja Audit Internal (Studi Kasus Pada PT. Perkebunan Nusantara VIII)

Widyatama Repository

Peranan Komite Audit dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerja Audit Internal (Studi Kasus Pada PT. Perkebunan Nusantara VIII)

Show full item record

Title: Peranan Komite Audit dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerja Audit Internal (Studi Kasus Pada PT. Perkebunan Nusantara VIII)
Author: Wulandari, Rani
Abstract: Komite Audit dalam kegiatannya meliputi melaksanakan penelaahan, mengevaluasi dan mereview system pengendalian intern yang dilaksanakan oleh audit internal, serta memberikan rekomendasi hasil laporan audit internal. Sedangkan kinerja audit internal di dalam organisasi perusahaan untuk mengendalikan intern perusahaan yang optimal dan efektif. Kinerja audit internal diukur dari standar kinerja berdasarkan Standar Profesional Audit Internal (SPAI). Penelitian ini dilakukan pada PT. Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII) dengan data yang diperoleh melalui kuisioner. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peranan komite audit yang diterapkan dan besarnya hubungan komite audit dalam meningkatkan efektivitas kinerja audit internal. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai gejala yang ada artinya keadaan gejala menurut apa adanya yang dilakukan. Data yang dianalisis dengan menggunakan Uji Korelasi Rank Spearman. Hasil pengujian hipotesis dengan korelasi Rank Spearman menunjukkan adanya peranan komite audit (variabel X) dengan kinerja audit internal (variabel Y) sebesar 0,8685 yaitu terjadinya hubungan yang baik antara komite audit dalam efektivitas kinerja audit internal. Pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh nilai t hitung = 4,944 yang berarti lebih besar dari t table (5% : 10) = 1,812, berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis nol (Ho) ditolak dengan taraf signifikan α = 5% jadi hipotesis yang penulis kemukakan yaitu â Komite audit yang memadai berperan dalam meningkatkan efektivitas kinerja audit internalâ .
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/1032
Date: 2008-06


Files in this item

Files Size Format View
bab5.pdf 147.9Kb PDF View/Open
bab3-4.pdf 1.371Mb PDF View/Open
bab1-2.pdf 595.8Kb PDF View/Open
cover.pdf 86.87Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record