Signifikansi Hubungan Bagi Hasil Pembiayaan Musyarakah Dan Mudharabah Dengan Laba Bersih Yang Diperoleh Bank Syariah.(Studi Kasus Pada Bank JABAR Syariah)

Widyatama Repository

Signifikansi Hubungan Bagi Hasil Pembiayaan Musyarakah Dan Mudharabah Dengan Laba Bersih Yang Diperoleh Bank Syariah.(Studi Kasus Pada Bank JABAR Syariah)

Show full item record

Title: Signifikansi Hubungan Bagi Hasil Pembiayaan Musyarakah Dan Mudharabah Dengan Laba Bersih Yang Diperoleh Bank Syariah.(Studi Kasus Pada Bank JABAR Syariah)
Author: Hasanah, Irma Rahmawati
Abstract: Irma Rahmawati Hasanah, Judul Penelitian : â Signifikansi Hubungan Bagi Hasil Pembiayaan Musyarakah dan Mudharabah Dengan Laba Bersih Yang Diperoleh Bank Syariah.â Studi Kasus Pada Bank JABAR Syariah. Dibawah Bimbingan Dudi Abdul Hadi, SE.,M.Si.,Ak. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat signifikansi hubungan bagi hasil pembiayaan musyarakah dan mudharabah dengan laba bersih yang diperoleh Bank Syariah. Ada 2 variabel yang digunakan, yaitu bagi hasil pembiayaan musyarakah dan mudharabah sebagai variabel bebas dan laba bersih yang diperoleh sebagai variabel terikat. Dengan sampel yang digunakan sebanyak 14 buah dari data laporan keuangan tahunan dan laporan pendukung lainnya periode 2004-2007 (secara triwulan). Penelitian ini menggunakkan metode deskriptif dan metode verifikatif. Adapun teknik penerikan sample adalah menggunakkan purposive sampling, dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah field research (penelitian lapangan), dengan wawancara dan observasi. Data dianalisis menggunakkan analisis korelasi pearson product moment ( r ), regresi, determinasi dan uji â t dalam menganalisis data digunakkan program spss for windows versi 14. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa signifikansi hubungan bagi hasil pembiayaan musyarakah dan mudharabah dengan laba bersih yang diperoleh sebesar 60%, sedangkan 40% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Tingkat korelasi berada dalam tingkat sangat kuat, yaitu r = 0,777. Sementara tingkat uji signifikansi menunjukkan H0 ditolak dengan t hitung > t tabel yaitu t hitung diperoleh sebesar 4,616, sementara t table diperoleh sebesar 1,761. Pada tingkat kepercayaan 95% ( 1,716 = 0,05 (uji 2 pihak) dan derajat kebebasan adalah 5 (df = n-2). Tingkat regresi yang diperoleh adalah Y = -35112 + 0,293X. Kata Kunci : Bagi Hasil Pembiayaan Musyarakah dan Mudharabah dan Laba Bersih.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/1030
Date: 2008-07


Files in this item

Files Size Format View
bab5.pdf 54.41Kb PDF View/Open
bab3-4.pdf 1.484Mb PDF View/Open
bab1-2.pdf 508.9Kb PDF View/Open
cover.pdf 106.6Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record