Pengaruh Mutasi Jabatan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pada PT. Angkasa Pura II (Persero) (Studi Survey pada Bandara Husen Sastranegara))

Widyatama Repository

Pengaruh Mutasi Jabatan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pada PT. Angkasa Pura II (Persero) (Studi Survey pada Bandara Husen Sastranegara))

Show full item record

Title: Pengaruh Mutasi Jabatan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pada PT. Angkasa Pura II (Persero) (Studi Survey pada Bandara Husen Sastranegara))
Author: Tampubolon, Yofani
Abstract: Salah satu cara yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi kerja adalah dengan melakukan mutasi jabatan secara berkala dari suatu pekerjaan atau jabatan ke pekerjaan atau jabatan yang lain, Dengan dilakukannya mutasi jabatan akan mendatangkan keuntungan baik bagi karyawan maupun perusahaan. Untuk itu dalam penelitian ini penulis mengambil judul â Pengaruh Mutasi Jabatan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pada PT. Angkasa Pura II (Persero) (Studi Survey pada Bandara Husen Sastranegara)) Dalam penelitian ini penulis melakukan survey dan menyebarkan kuesioner kepada karyawan PT. Angkasa Pura II (Persero) sebanyak 30 responden. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa mutasi jabatan yang dilakukan oleh PT. Angkasa Pura II (Persero) Bandara Husein Sastranegara dilakukan dengan tujuan untuk pengisian formasi, menambah pengetahuan dan keterampilan, mengoptimalisasi tugas unit kerja, pembinaan yang berkaitan dengan penilain prestasi atau kompetensi dan / atau disiplin, selain itu juga dapat memenuhi kebutuhan perusahaan. Pelaksanaan mutasi jabatan yang dilakukan di PT. Angkasa Pura II (Persero) Bandara Husein Sastranegara sudah sangat baik. Pelaksanaan mutasi jabatan dari penelitian menunjukkan nilai rata â rata keseluruhan sebesar 4,274 yang berada pada interval 4,20 â 5,00, yang termasuk pada kategori sangat baik. Tingkat Motivasi karyawan pada PT. Persero Angkasa Pura II (Persero) Bandara husein Sastranegara dikategorikan tinggi yang memiliki rata â rata keseluruhan sebesar 4,04 yang berada pada level 3,40 â 4,19. Berdasarkan hasil perhitungan statistik yaitu analisis koefisien Korelasi Rank Spearman diperoleh rs= 0.90 yang artinya pengaruh mutasi jabatan terhadap motivasi kerja karyawan adalah kuat, dilihat koefisien korelasinya yang berda pada interval 0,80 â 1,000 yang termasuk kategori sangat kuat, dalam uji hipotesis diketahui t hitung > t tabel (10,92 > 1,710), dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh antara mutasi jabatan dengan motivasi kerja karyawan sehingga dapat diartikan bahwa semakin tepat mutasi jabatan yang dilakukan oleh perusahaan, maka semakin tinggi tingkat motivasi kerja karyawan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/1026
Date: 2008-07


Files in this item

Files Size Format View
bab5.pdf 56.20Kb PDF View/Open
bab3-4.pdf 625.2Kb PDF View/Open
bab1-2.pdf 322.3Kb PDF View/Open
cover.pdf 80.80Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record